Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Rasa Minder yang Ada Pada Diri Kamu

Cara menghilangkan dan mengatasi rasa minder yang ada dalam diri
Perasaan minder adalah perasaan buruk yang bisa saja muncul dari dalam diri seseorang sewaktu-waktu. Biasanya hal ini terjadi lantaran seseorang merasa bahwa dirinya kurang berharga, kurang percaya sama diri sendiri, atau kurang mampu melakukan suatu hal.

Mungkin saat ini kamu lagi mengalami hal ini ya? Tenang, nggak perlu khawatir, kamu nggak sendiri. Banyak orang yang juga merasakan hal demikian, dan mereka pun ingin menghilangkan rasa minder tersebut juga sama seperti kamu. Maka dari itu, melalui artikel ini Salnyoret akan membantu kamu mengatasi rasa minder yang ada pada diri kamu. Yuk langsung saja. Berikut di bawah cara menghilangkan rasa minder yang ampuh:

1. Rawat diri kamu sendiri

Di saat kamu tengah merasakan gundah akan diri sendiri, kamu jadi nggak care sama diri kamu sendiri, secara nggak sadar, hal ini akan membuat kamu jadi merasa minder.

Lebih baik, rawatlah diri kamu sendiri dulu untuk menghilangkan rasa minder yang ada dalam diri kamu. Selalu jaga kebersihan diri setiap harinya supaya penampilan kamu jadi tambah kece. Dan jangan kaget, dengan melakukan hal demikian, maka kamu akan merasakan efek yang mungkin nggak kamu rasakan sebelumnya, yaitu lebih mencintai diri sendiri.

2. Terima dirimu apa adanya

Ketika kamu kurang memperhatikan diri kamu dan malah terlalu memperhatikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki orang lain, mengapa hal ini nggak kamu coba buat lakuin ke diri kamu sendiri saja, ya kan? Introspeksi diri. Temukanlah apa saja yang menjadi kelebihanmu, explore itu semua.

Pun dengan kekurangan yang kamu miliki, sudah selayaknya kamu menerima segala kekurangan yang ada pada diri kamu. Pahamilah bahwa setiap manusia di dunia ini nggak ada yang namanya sempurna. Pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Dan yang perlu kita lakukan hanyalah menutupi itu semua dan segera menggantinya dengan kelebihan yang kita miliki. Dengan begitu, rasa minder yang ada pada diri ini menghilang dengan sendirinya.

3. Hargai segala pencapaian dirimu

Terkadang kita lebih memilih untuk melihat pencapaian-pencapaian orang lain tanpa melihat pencapaian diri kita sendiri, atau bahkan malah membanding-bandingkan. Hal inilah yang akan membuat kita jadi semakin merasa minder. Padahal, kalau saja kita bisa menghargai pencapaian-pencapaian diri kita sendiri, kita justru akan menjadi lebih percaya sama diri sendiri.

Oleh karena itu, berikanlah bentuk apresiasi kepada dirimu yang telah mempunyai progress apapun. Sekecil apapun pencapaian kamu, hargai itu. Dengan begitu kamu akan merasa bahwa diri ini sebenarnya mempunyai sesuatu yang berharga dan bukan nggak mungkin kamu mau melanjutkan untuk mendapatkan pencapaian-pencapaian lain lagi yang lebih besar.

4. Tingkatkan kemampuan kamu

Banyak hal yang sebenarnya bisa kita explore, termasuk bakat dan minat yang kita miliki. Mungkin saja kamu merasa bahwa diri ini nggak mampu, nggak bisa apa-apa, dan sebagainya.

Ingatkan ke diri kamu sendiri. Kamu punya sesuatu yang unik dan nggak dimiliki oleh orang lain. Hanya kamu yang punya.
Bagaimana kalau aku nggak tau?
Kembali ke pasal pertama, temukan apa saja yang menjadi passion kamu selama ini, keluarlah dari zona nyaman, asah terus sampai kamu menjadi seorang ahli dalam bidang itu.

Mungkin suatu saat nanti akan ada saja cobaan yang membuat kamu merasa minder lagi, tapi jangan goyah. Tetap yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa, segala rintangan apapun yang membuatmu terjatuh, kamu harus tetap bangkit dan melanjutkan kembali perjalanan ini sampai selesai. Dengan begitu, yakin deh, rasa minder kamu akan hilang dan kepercayaan dirimu akan meningkat secara drastis.
Don't stop when you're tired, stop when you're done.

5. Miliki teman yang mau saling support dalam segala hal

Dukungan dari seorang teman sangat membantu kita dalam mengatasi rasa minder. Cari dan temukanlah teman yang suportif, teman yang mau saling support dan bareng-bareng melangkah menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Tentukan arah prinsip hidup kamu

Apa kamu sudah memiliki prinsip hidup? Belum? Inilah yang membuat rasa minder kamu selalu saja datang menghampiri. Jika kamu ingin menjadi lebih percaya diri, tetapkanlah apa yang menjadi prinsip hidup kamu. Pegang itu dan selalu bawa ke mana saja kamu mengarungi fase kehidupan. Untuk apa? Supaya kamu tak mudah goyah dengan segala rintangan yang menghadang.

7. Berpikir positif

Jika selama ini kamu terlalu sering memberikan pikiran-pikiran jelek pada diri sendiri. Mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk tersebut dan segera me-replace nya dengan pikiran yang lebih positif. Yakinlah bahwa diri kamu sangat berharga dan kamu mau percaya sama diri kamu sendiri.

Ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikannya. Setiap kali pikiran buruk itu muncul dan berkata hal buruk pada diri sendiri, kamu bisa berkata, "hentikan" dan lanjutkan dengan memberikan kalimat afirmasi positif, seperti;
Aku tau kalau aku tidak bisa, tapi aku mau berusaha untuk menjadi bisa.
atau seperti ini;
Aku memang tidak bisa saat ini, tapi setidaknya aku sudah melakukan yang terbaik. Aku mau mencoba lebih baik lagi untuk ke depannya.
Tentu saja kamu sesuaikan hal ini dengan masalah yang kamu hadapi ya.
Perasaan minder merupakan perasaan yang kurang baik untuk kesehatan mental kamu, karena hal ini dapat memengaruhi bahkan mengganggu kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apabila kamu merasa bahwa rasa minder yang ada dalam diri kamu ini perlu dihilangkan. Terapkanlah kesemua cara menghilangkan rasa minder yang sudah kamu baca barusan ya! Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Rasa Minder yang Ada Pada Diri Kamu"