Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengendalikan Emosi Diri agar Menjadi Lebih Sabar

Cara mengendalikan, mengontrol, mengatasi emosi pada diri sendiri agar menjadi lebih sabar
Kala menerima suatu persoalan sepele namun sangat menyebalkan, terkadang emosi ini menjadi kalut alias nggak stabil dan nggak terkontrol. 

Mungkin dari kamu bertanya-tanya, "bagaimana ya cara mengendalikan emosi supaya kita dapat menjadi lebih sabar dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul di kehidupan kita?" Berikut di bawah ini tips praktis nan ampuh yang bisa kamu coba.

1. Atur pernapasan kamu

Ketika kamu merasa emosi, hal paling utama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur pernapasan. Buat dirimu menjadi rileks kembali dengan cara:
  • Menarik napas dalam-dalam dan secara perlahan melalui hidung selama 3-4 detik.
  • Seraya menarik napas, kamu bisa menutup mata dan berfokus pada pernapasan kamu saja.
  • Tahan napas selama 3 detik.
  • Lalu hembuskan perlahan melalui mulut.
  • Ulangi proses ini sampai kamu merasa, “oke, sudah cukup.
Mengatur pernapasan kamu dengan cara seperti ini akan membuat saraf-saraf otak yang tadinya menegang menjadi mengendur sehingga hal ini membuat kamu jadi merasa rileks kembali, dan juga emosi yang tadinya meluap dapat terkendali lagi.

2. Buang pikiran negatif yang muncul

Di saat kamu merasa hilang kendali, biasanya pikiran-pikiran buruk akan menghampiri dan inilah yang akan membuat emosi kamu jadi nggak stabil. Sebaiknya, buang pikiran negatif apapun yang muncul di kepala kamu dan segera ganti dengan pikiran yang lebih positif.

Ubah mindset kamu agar dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif, terlebih saat menerima suatu persoalan, selalu berikan kalimat afirmasi positif kepada diri sendiri supaya emosi kamu dapat selalu stabil.

Pelajari lebih lanjut: cara mensugesti diri sendiri agar kamu dapat selalu berpikir positif.

3. Diam dan jangan memberikan reaksi buruk

Berkata kasar, membanting benda, bahkan berkelahi adalah hal buruk yang harus, harus, dan harus kamu hindari. Mengapa? Karena hal-hal yang kurang wajar seperti itu akan membuat kamu menyesalinya di kemudian hari.

Alih-alih kamu memberikan reaksi buruk, lebih baik diam dan pergi ke tempat lain yang sekiranya kamu bisa gunakan untuk menenangkan diri. Berikan waktu untuk diri kamu menyendiri sejenak hingga kamu merasa lebih tenang dan dapat menghadapi persoalan kembali dengan kepala dingin.

Baca juga: cara melatih intuisi agar kamu mendapatkan keputusan terbaik.

4. Menerimanya dengan memaafkan

Aku tidak terima!
Pasti dari dalam hatimu mengatakan seperti itu bukan? Wajar, karena suatu kondisi yang membuat kita emosi inilah yang dapat memunculkan rasa tidak terima.

Namun, apabila kamu ingin mengendalikan emosi kamu supaya lebih sabar; adalah dengan cara menerima dan memaafkan. Latih diri kamu agar dapat menerima suatu persoalan dengan lapang. Mengalah dan maafkanlah.

Percayalah bahwa masalah yang kamu hadapi saat ini tidak dapat mengusik suasana hati kamu, karena hanya kamu sendiri yang dapat mengontrol itu.

5. Introspeksi diri sendiri

Mengapa perlu mengintrospeksi diri? Tujuannya ada banyak sekali, salah satunya agar kamu dapat mengambil suatu hikmah dari permasalahan tersebut. Juga supaya kamu dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya dan berharap permasalahan tersebut nggak terulang lagi di kemudian hari.

Introspeksi diri kamu, "apakah ada yang salah dari diri saya sehingga permasalahan ini memicu emosi saya menjadi tidak terkendali?" Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih open-minded (yang artinya kamu dapat berpikir lebih luas) dan nggak menyalahkan keadaan dengan mudah, namun berkaca dari diri sendiri terlebih dahulu.

6. Sibukkan diri melakukan aktivitas yang membuat kamu senang

Daripada kamu terlalu memikirkan sesuatu yang nggak bisa kamu kontrol dan kendalikan, alangkah lebih baiknya kamu menyibukkan diri dengan melakukan apa saja yang membuat hatimu senang, sehingga pancaran emosi negatif yang ada pada diri kamu berubah menjadi emosi positif saja (yang memancar). Lakukan aktivitas apa saja asalkan itu dapat membuat kamu senang dan bahagia, hobi kamu misalnya.

7. Ceritakan permasalahan kamu kepada teman dekat

Apabila kamu kurang bisa mengendalikan emosi seorang diri dengan baik, kamu dapat segera mencari bantuan kepada teman dekat yang kamu percayai.

Ceritakan permasalahan-permasalahan apa saja yang mengganjal hatimu dan minta saran kepadanya apa yang bisa kamu lakukan untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hal itu pula akan membuat kamu merasa lega karena kamu telah bisa menceritakan permasalahan kamu kepada seseorang yang mau mendengarkan kamu dan kamu pun merasa didengarkan, sehingga emosi yang tadinya tak terkontrol olehmu dapat mereda dengan sendirinya.

Baca lebih lanjut: cara mengatasi bad mood kamu seketika.

8. Hadapi dengan senyuman

Meskipun hal ini kedengarannya sepele dan kurang efektif, namun jangan salah. Dengan mencoba untuk tersenyum, hati kamu akan merasa seperti ter-hack oleh senyuman kamu yang mempesona, sehingga hal ini akan membuat kamu merasa, "ah, masalah biasa, pasti nanti selesai dengan sendirinya." Ya, kamu akan menjadi lebih mudah mengendalikan emosi kamu. Coba buktikan.

9. Tuliskan perasaan kamu

Secara psikologis, menuliskan perasaan yang kamu rasakan di sebuah diary khusus dapat membantu kamu mengendalikan emosi menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kamu dapat meluapkan emosi kamu dengan segera dan juga dengan cara yang tepat. Daripada kamu nggak tau harus melampiaskannya bagaimana, ujung-ujungnya malah kamu sendiri nantinya yang repot, ya kan?

10. Bermeditasi

Bermeditasi merupakan tips terakhir yang bisa kamu lakukan, walaupun sepertinya nggak biasa kamu perhatikan, namun aktivitas ini sangat ampuh membantu kamu agar dapat mengendalikan emosi dengan mudah sehingga kamu menjadi lebih sabar dalam mendapati suatu persoalan.

Ada banyak cara bermeditasi yang baik dan benar, namun yang paling simple dan bisa kamu lakukan kapan saja yakni dengan cara mengatur pernapasan kamu agar menjadi lebih rileks dan lebih kalem. Lakukan aktivitas meditasi selama 10 sampai 15 menit di kala kamu punya waktu luang ya.
Begitulah ke-10 cara mengendalikan emosi yang berlebihan pada diri kamu sehingga kamu dapat menjadi lebih sabar dalam mereaksi setiap persoalan yang datang. Sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengendalikan Emosi Diri agar Menjadi Lebih Sabar"