Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Punya Banyak Teman dan Lebih Disukai meskipun Pemalu

Cara punya banyak teman buat kamu yang pemalu
Buat kamu yang pemalu, mungkin kamu bertanya-tanya, gimana sih cara punya banyak teman? Dan gimana sih caranya biar kita bisa lebih disukai sama teman-teman kita?
Tenang, saat ini kamu berada di artikel yang tepat, karena Salnyoret akan bantu kamu menjawab semua kegelisahan ini.

Karena walaupun orang yang punya sifat pemalu kurang pandai bergaul atau kurang bisa bersosialisasi dengan orang lain, bukan berarti mereka nggak bisa punya banyak teman. Sebenarnya mereka bisa, hanya saja perlu sedikit 'arahan' supaya mereka bisa memiliki banyak teman.

Nah, kalau kamu mau tau gimana cara punya banyak teman, tanpa banyak basa-basi langsung saja simak kiat mudahnya berikut di bawah ini yuk!

1. Jadi diri sendiri apa adanya

Supaya kamu nggak salah pergaulan nantinya, hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjadi diri sendiri terlebih dahulu.

Coba deh, bayangkan. Sebenarnya kamu itu pendiam dan lebih nyaman buat mendengarkan daripada berbicara, tapi karena suatu hal, kamu jadi terlihat supel, gaul, dan eksis di mata teman-teman kamu, kamu jadi seseorang yang bukan kamu banget.

Gimana rasanya? Pasti nggak enak kan? Kalau seperti itu, bukan nggak mungkin kamu bakalan cepat merasa capek. Kamu juga bakalan merasa nggak tenang, ya nggak?

Maka dari itu, jadilah dirimu sendiri apa adanya. Jika kamu orangnya memang nggak suka banyak ngomong, ya sudah nggak perlu dipaksakan buat ngomong secara berlebihan. Nggak usah takut teman-temanmu bakalan men-judge kamu ini itu, yang penting kamu bisa jadi diri sendiri.

Bandingkan kalau kamu menjadi diri sendiri. Sudah barang tentu dalam bergaul kamu akan menjadi lebih tenang karena nggak ada paksaan dari siapapun kamu harus begini harus begitu. Kamu jadi lebih bebas.

Dengan menjadi diri sendiri, kamu akan berada di lingkaran pertemanan yang tepat. Berada di lingkaran pertemanan yang bisa menerimamu apa adanya.

2. Miliki pemikiran dan sikap positif

Selain jadi diri sendiri, kamu juga perlu untuk memiliki pemikiran dan sikap yang positif. Mengapa? Percuma dong, kamu jadi diri sendiri tapi kamu masih punya pikiran-pikiran yang negatif. Seperti pesimis nggak bakalan punya teman lah, nggak disukain teman-teman kamu lah, minder lah, atau pikiran-pikiran negatif lainnya.

Menjadi diri sendiri bukan berarti kamu terus memakluminya dan membiarkan pikiran-pikiran negatif itu terus ada pada diri kamu begitu saja. Kamu harus bisa merubah pola pikirmu menjadi lebih positif.

Ini manfaat berpikiran positif:

  • Jadi lebih percaya diri
  • Nggak mudah stres
  • Nggak mudah overthinking
  • Dan jadi jauh lebih bahagia
Ada hal yang perlu kamu ketahui:
'Pikiran' yang positif akan menciptakan 'Sikap' yang positif pula.
Tentu hal ini akan membuat teman-temanmu jadi lebih menyukaimu dan mau berteman sama kamu.

Sikap positif itu contohnya seperti:

  • Ramah
  • Sopan
  • Murah tersenyum
  • Menghargai
  • Percaya diri
  • Peka sama sekitar
  • Dan yang lainnya.
Nggak susah kan? Nah, mulai dari sekarang tunjukkan sikap positif yang seperti demikian dengan siapa saja, agar kamu punya lebih banyak teman.

3. Cari teman yang sefrekuensi denganmu

Setelah kamu sudah bisa menjadi diri sendiri dan punya pikiran & sikap yang positif, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari teman yang satu frekuensi denganmu.

Caranya? Kamu bisa gabung di komunitas-komunitas apa saja yang kamu sukai. Hobi menulis? Ikuti komunitas menulis. Hobi musik? Ikuti komunitas musik, apa saja yang penting kamu senang mengikutinya.

Bergaul dengan orang-orang yang sefrekuensi sama kamu akan mempermudah kamu menjadi diri sendiri dan tentunya kamu bakalan cepat menjalin pertemanan dengan mereka, karena mereka mempunyai pemikiran dan sifat yang sama, yang nggak jauh dari kamu.

4. Perluas lingkup pergaulanmu

Setelah kamu mengikuti komunitas dan mendapatkan banyak teman dari sana, kamu bisa mulai melebarkan sayap, dengan kata lain, memperluas pergaulanmu.

Pada dasarnya, berteman bisa dengan siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, asalkan kamu nggak menutup diri. Benar, selektif dalam memilih teman boleh, namun apa salahnya buat mencoba menjalin pertemanan dengan orang yang mungkin nggak ada sama persisnya sama kamu?

Misalnya saja, walaupun kamu orangnya pendiam dan pemalu, kamu tetap bisa mencoba menjalin pertemanan dengan orang yang tipikalnya 'rame' dan 'seru.'

Kenapa? Karena kamu dan dia mempunyai lawan sifat yang berbeda dan umumnya saling membutuhkan. Kamu seorang pendengar yang baik dan dia tukang cerita yang handal. Sehingga dia bisa cerita-cerita banyak hal yang menarik buat kamu dengarkan.
Letak perbedaan inilah yang akan membuat hubungan pertemananmu jadi saling melengkapi satu sama lain.
Oleh karena itu, perluas pergaulanmu dengan siapa saja dan di mana saja, selama kamu bisa mendapatkan manfaat positif dari sana.
Begitulah kiranya ke-4 cara punya banyak teman walaupun kamu seorang pendiam dan pemalu. Semoga setelah kamu baca keempat tips mudah ini dan menerapkannya di kehidupan, kamu bisa memiliki lebih banyak teman ya!

2 comments for "Cara Punya Banyak Teman dan Lebih Disukai meskipun Pemalu"

  1. Setuju banget sama poin no.1. Tidak perlu memaksa jadi orang lain supaya bisa punya teman. Jadi diri sendiri bisa jadi filter buat menyaring teman yang memang sefrekuensi sama kita juga. Lagian memang bener, kalau pemalu tiba2 outgoing itu menguras tenaga banget, kekeke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas, hehehe. Terima kasih sudah mampir dan ngasih komen buat yang pertama kalinya di blog ini mas Syafiq. BTW, aku fansmu mas, haha.

      Delete