Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat dan Kuat

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat
Pernahkah kamu berpikir ingin sekali punya tubuh yang sehat? Apakah ada cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat?

Jawabannya: tentu saja ada! Mudah untuk kamu mempunyai badan yang sehat asalkan kamu mau menaruh perhatian lebih pada kesehatanmu.

Seperti kata pepatah, “Mens sana in corpore sano”, yang artinya, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Peribahasa tersebut sudah lazim kita dengar di mana-mana. Jika ditelisik lebih lanjut, kita bisa memaknai ungkapan tersebut lebih mendalam, yang artinya;
Di dalam jiwa yang kuat terdapat pemikiran yang sehat, pemikiran yang sehat akan mempengaruhi kita untuk dapat melakukan tindakan-tindakan positif, jika kita mempunyai tindakan-tindakan positif, maka bukan tidak mungkin kita akan menjadi selangkah lebih maju di kehidupan kita.
Itulah pentingnya mempunyai tubuh yang sehat dan kuat. Gimana? Sekarang yuk kita sama-sama simak penjelasan tentang cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat di bawah ini!

1. Mengonsumsi makanan sehat

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat yang pertama adalah, menjauhi makanan junk food serta minuman bersoda. Dan segera menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Mungkin kamu bertanya, "makanan sehat itu seperti apa sih."

Makanan sehat ialah makanan yang mengandung 5 nutrisi. Apa saja yaitu, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Sumber nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari:

  • nasi,
  • lauk pauk,
  • sayur-sayuran,
  • buah-buahan,
  • dan susu.
Konsep makanan sehat ini dinamakan 4 sehat 5 sempurna. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tentu saja tubuhmu akan tercukupi kebutuhan gizinya.

2. Mengonsumsi vitamin dan probiotik

Ada tambahan lagi selain mengonsumsi makanan sehat, yaitu mengonsumsi vitamin dan probiotik. Tubuh juga memerlukan vitamin (D) dan vitamin D ini bisa didapatkan dari; jamur, kuning telur, ikan salmon, hati sapi, dan ikan tuna.

Selain itu, suplemen vitamin D3 bisa kamu jadikan alternatif. Untuk makanan yang mengandung probiotik sendiri bisa kamu dapatkan dari Yogurt.

Probiotik—sebagai bakteri baik—penting untuk kamu konsumsi, karena akan membantu dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaanmu, terutama organ lambung dan usus.

3. Berolahraga secara teratur

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melakukan penelitian bahwa remaja di seluruh dunia malas berolahraga. Hal ini sangat disayangkan padahal manfaat berolahraga sangat banyak.

Manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga:

  • memperbaiki suasana hati,
  • menumbuhkan kepercayaan diri,
  • mengatasi stres,
  • dan membuat tidur lebih nyenyak.
Berbagai manfaat tersebut sudah selayaknya patut kamu pertimbangkan agar kamu dapat melakukan olahraga secara rutin dan merasakan manfaatnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga?

Sekitar 10-15 menit dalam sehari saja sudah cukup. Tidak perlu lama-lama yang penting kamu dapat melakukannya secara rutin dan teratur.

4. Menjaga kebersihan

Selain mengonsumsi makanan sehat, minum vitamin, dan berolahraga secara teratur, ada hal lain yang penting untuk kamu perhatikan, yaitu menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar.

Mengapa ini penting? Karena dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja.

Oleh karena itu, milikilah kebiasaan menjaga kebersihan, seperti mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan ruangan rumah yang terlihat kotor, dan yang lainnya.

5. Memiliki pola tidur yang teratur

Pada umumnya, dalam sehari, tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat selama 7-8 jam. Jika kurang atau justru lebih dari itu, hal itu akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Oleh karenanya, hentikan kebiasaan buruk seperti begadang atau tidur secara berlebihan. Mulai dari sekarang milikilah pola tidur yang teratur agar tubuhmu dapat bekerja secara optimal dan setiap harinya kamu pun dapat menjalani aktivitas dengan kondisi yang prima.
Begitulah kiat mudah tentang 5 cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Dengan menerapkan kelima tips di atas, mempunyai tubuh sehat dan kuat bukanlah hal yang mustahil. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat dan Kuat"