Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Konsentrasi agar Kamu Lebih Fokus

Cara meningkatkan konsentrasi supaya lebih fokus
Seperti halnya keterampilan, kemampuan konsentrasi juga dapat dilatih dan ditingkatkan. Mempunyai kemampuan konsentrasi yang baik dapat membuat kita jadi lebih fokus dalam menjalani aktivitas apapun, salah satunya saat belajar atau bekerja.

Hal ini menjadi penentu produktivitas, karena apabila kita dapat mempertahankan fokus dan konsentrasi penuh pada suatu hal, pastinya kita akan jadi lebih produktif, terutama dalam menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat.

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya? Di bawah ini merupakan cara meningkatkan konsentrasi agar kamu jadi lebih fokus. Yuk kita simak sama-sama.

1. Kerjakan satu pekerjaan hanya dalam satu waktu

Apa artinya? Artinya, sebisa mungkin kamu perlu menghindari aktivitas yang namanya multi-tasking, alias mengerjakan beberapa hal secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Demi meningkatkan fokus kamu dalam mengerjakan suatu pekerjaan, lakukan satu tugas hanya dalam satu waktu saja. Hal ini perlu kamu biasakan agar kamu tetap stay on the track (berada sesuai jalur) dari apa yang kamu lakukan.

Selain itu, dengan mengerjakan satu tugas dalam satu waktu, pikiran kamu jadi nggak 'lari' ke mana-mana. Harus ini harus itu, nantinya malah bikin kamu tambah pusing, ya kan?

Oleh sebab itu, kerjakan hanya satu pekerjaan (yang mana paling menjadi prioritas kamu) saja terlebih dahulu. Setelah selesai, barulah kamu bisa lanjut mengerjakan job yang lainnya.

2. Minum air putih yang cukup

Pasti sudah pada ngerti kan? Yap, dengan minum air putih yang cukup, otak kamu dapat mencerna suatu hal dengan baik.

Tapi bagi yang belum mengerti akan betapa pentingnya minum air putih, ketika lagi dehidrasi dan mereka mengabaikan hal ini—kemungkinan besar mereka akan kesulitan untuk meneruskan konsentrasi mereka dalam melakukan suatu pekerjaan. Mengapa itu bisa terjadi?

Dalam jurnal American College of Nutrition mengungkapkan bahwa dehidrasi dapat mengurangi hingga 20 persen tingkat konsentrasi dan perhatian seseorang.

Oleh karenanya, penting buat kamu minum air putih yang cukup supaya konsentrasi kamu yang telah buyar dapat menjadi fokus kembali.

3. Tidur atau istirahat yang cukup

Selain minum air putih, kamu juga perlu mempunyai waktu istirahat yang cukup. Karena hal ini tentu saja akan berdampak pada kualitas kesehatan tubuh serta kualitas kemampuan berpikir kamu.

Umumnya, kita bisa dikatakan mempunyai jam tidur yang cukup, apabila kita dapat tidur selama 7 sampai 8 jam per-malamnya. Tidak kurang dan tidak lebih. Mengapa? Banyak hal yang perlu dijelaskan, tapi jika mau tau lebih lanjut, coba kamu baca artikel dari Sleep Foundation.

Selain itu, saat kamu punya waktu luang di siang hari, daripada kamu gunakan untuk hal-hal yang kurang penting, mending kamu sempatkan waktu untuk tidur siang sejenak selama 10 sampai 15 menit. Hal ini bertujuan agar konsentrasi kamu yang telah berkurang dapat kembali ke kondisi optimal.

Jadi intinya, dengan memiliki waktu beristirahat yang cukup, tubuh kamu akan seperti di-recharge, sel-sel tubuh yang rusak dapat diperbaiki, serta rasa lelah yang kamu rasakan akan sirna, sehingga hal ini membuatmu kembali menjadi 'utuh'.

4. Latih kemampuan otak kiri kamu

Bagaimana melatih kemampuan otak kiri dapat meningkatkan konsentrasi kamu?

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang sering bermain catur, teka-teki silang, atau puzzle dipercaya mempunyai fungsi otak yang lebih kuat.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa seseorang yang sering melatih otaknya akan mempunyai konsentrasi, daya ingat, serta perhatian yang lebih tinggi.

Baca lebih lanjut: cara mengasah otak kiri kamu supaya lebih tajam.

Jadi, latihlah otak kiri kamu dengan cara-cara sederhana—seperti yang para peneliti sebut di atas ya.

5. Jangan sampai perut kamu kosong

Perut yang kosong membuat kamu susah buat konsentrasi. Lebih baik sebelum kamu menjalani aktivitas harian, isilah perut kamu setidaknya dengan sarapan pagi yang mengenyangkan, seperti; bubur ayam, roti dengan selai coklat, telur sama nasi, atau yang lain.

Selain sarapan, kamu bisa membawa cemilan untuk menemani kamu mengerjakan tugas, sehingga apabila kamu sudah merasa sedikit lapar, sambil mengerjakan tugas—kamu juga bisa sambil nyemil, enak kan?

Jadi apa intinya? Jangan sampai membiarkan perut kamu kosong begitu saja ya.

6. Minum kopi atau teh hangat

Rata-rata orang yang mempunyai konsentrasi tinggi itu karena mereka selalu minum kopi pada pagi hari, benarkah demikian?

Dalam artikel Coffee Can Make You More Focused meneliti bahwa secangkir kopi pagi dipercaya dapat meningkatkan kemampuan fokus serta kemampuan memecahkan masalah, akan tetapi tidak berdampak signifikan pada kreativitas. Itulah jawabannya.
Gimana kalau aku ga suka kopi?
Teh hangat bisa jadi alternatif lain. Kalau nggak suka dua-duanya, ya sudah minum air putih aja deh.

7. Kasih jeda buat bersantai

Kalau kamu sudah merasa terlalu jenuh sama aktivitas yang kamu lakukan saat ini, kamu bisa memberikan waktu untuk diri kamu sendiri bersantai sejenak. Tidak perlu memaksakan kalau memang sudah nggak kuat, nantinya kamu malah akan kehilangan kendali. Oleh karena itu, regangkanlah dirimu.

Sambil meregangkan badan—mendengarkan musik yang menyenangkan juga terbukti dapat meningkatkan konsentrasi kamu hingga 80 persen lho guys!

Selain itu, kamu juga bisa beranjak dari tempat kamu saat ini dan pergi ke tempat yang sekiranya kamu bisa gunakan untuk ber-santuy ria.

Dengan begini, pikiran kamu akan jadi lebih fresh dan dapat kembali fokus seperti semula.

8. Hindari distraksi apapun yang mengganggu

Hal-hal yang mengganggu seperti suara notifikasi dari HP kamu atau media sosial, perlu kamu hindari terlebih dahulu jika kamu mau dapat lebih berkonsentrasi dan berfokus pada hal-hal yang lebih penting.

Matikan semua notif di HP kamu, dan kalau perlu—aktifkan saja ke dalam mode pesawat supaya kamu nggak terdistraksi sama hal-hal apapun yang ada di HP.

Dengan begitu, kamu jadi nggak sedikit-sedikit buka HP, terus ngecekin medsos dan akhirnya berselancar ria di sana—yang menyebabkan kamu lupa akan hal yang lebih urgent.

9. Pusatkan perhatian hanya pada masa kini

Mungkin saja kamu terlalu sulit buat konsentrasi karena kamu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang nggak semestinya kamu pikirkan, bisa jadi tentang masa lalu atau tentang masa depan(?)

Padahal, hal ini semestinya nggak perlu kamu lakukan, sebab akan mengganggu produktivitas kamu dalam menjalani aktivitas.

Maka darinya, mendingan kamu pusatkan perhatian kamu hanya pada masa kini saja, agar kamu dapat lebih mudah berkonsentrasi dan berfokus pada aktivitas yang kamu lakukan sekarang. Jadi kalau kamu mau mikirin hal-hal lain—mending nanti aja kalau udah beres semua deh ya.

10. Pastikan kebutuhan nutrisi otak kamu selalu terpenuhi

Seperti halnya kamu harus memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, kamu pun harus memenuhi kebutuhan nutrisi otak kamu juga guys!

Pastikan asupan gizi kamu selalu terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat yang terkandung di dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, atau bisa seperti;
  • sayur-mayur,
  • susu,
  • telur
  • madu,
  • jahe,
  • ikan,
  • dan buah-buahan.
Dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan otak seperti di atas, tentu saja kamu dapat berpikir lebih jernih, lebih berkualitas, serta berkonsentrasi dengan lebih fokus.

11. Berolahraga

Aktivitas paten yang perlu kamu lakukan, yaitu berolahraga. Jangan ditanya, aktivitas olahraga dapat membuat kamu jadi lebih sehat tentunya.

Kalau kamu sehat, tentu saja hal ini akan berpengaruh baik pada fungsi otak, salah satunya yakni pada daya ingat dan konsentrasi.

Oleh karenanya, setidaknya sempatkan waktu untuk berolahraga sebentar saja kira-kira 10 sampai 15 menit dalam sehari supaya kamu dapat merasakan manfaat yang signifikan.

12. Bermeditasi

Tips terakhir, meskipun aktivitas ini nggak biasa buat kamu lakukan, tapi tunggu dulu deh. Bermeditasi merupakan salah satu aktivitas terbaik dalam meningkatkan cara fokus dan kemampuan konsentrasi kamu lho!

Nah, coba luangkan waktu sebentar...saja, cukup hanya dengan 10 menit saja kok—buat melakukan meditasi yang anti ribet, misalnya seperti mengatur pernapasan kamu menjadi lebih rileks dan lebih kalem.

Baca juga: cara mensugesti diri sendiri agar kamu dapat selalu berpikir positif.

Kalau mau belajar meditasi yang lebih elegan versi lengkapnya, coba baca-baca cara bermeditasi yang baik dan benar dari artikel-artikel lain ya.
Itulah ke-12 cara meningkatkan konsentrasi agar kamu dapat menjadi lebih fokus dalam melakukan suatu aktivitas—yang menurut kamu penting guys!

Dari kesekian banyaknya tips ampuh di atas, kira-kira mana yang menjadi favoritmu? Atau mungkin kamu punya tambahan tips lain? Tulis saja komentar kamu di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Konsentrasi agar Kamu Lebih Fokus"