Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengosongkan Pikiran agar Bisa Lebih Cepat Tertidur

Mengosongkan pikiran
Permasalahan utama tidak bisa tidur adalah karena banyak pikiran. Setuju? Salnyoret yakin kamu pasti setuju. Rasanya ingin agar bisa segera tidur, tapi otak ini ga bisa diajak kompromi. Pikiran ngalor-ngidul nggak karuan. Heran deh.

Dan yang menjadi pertanyaan:
Adakah cara mengosongkan pikiran sebelum tidur?
Semua masalah pasti ada solusi. Tentu saja ada guys! Bagaimana caranya? Tanpa banyak basa-basi langsung saja kita simak cara mudah dan ampuh menenangkan pikiran berikut di bawah ini.

1. Biarkan saja

Lho, maksudnya gimana kok biarkan saja?
Iya, biarkan saja pikiran itu berlalu-lalang di kepala kamu. Karena jika kamu menahan pikiran yang datang, pikiran itu justru semakin menghambatmu untuk bisa tertidur.

Maka lebih baik biarkan saja. Nanti akan ada saatnya pikiran itu menghilang karena sudah habis masanya.

2. Tulis sesuatu yang mengganjal

Apa yang menjadi pikiranmu? Sebelum beranjak ke kasur. Tanyakan pada dirimu, "apa yang menjadi pikiranku saat ini?" Lalu tuliskan pikiran itu ke dalam note khusus (Diary).

Mengapa ini perlu? Dengan menuliskan pikiran, secara nggak langsung kamu tuh sedang curhat. Dan efek dari selesai curhat, yaitu kamu bakalan jadi lebih lega.

3. Bayangkan sesuatu yang menyenangkan

Ketimbang kamu mikirin hal-hal yang kurang penting, mending kamu merelaksasi otak dengan cara membayangkan sesuatu yang membuatmu senang.

Bayangkan hal ini sambil merem: Saat ini, kamu sedang berada di pantai yang anginnnya sepoi-sepoi. Kamu lagi bersantai di pinggiran pantai, tiduran di hammock yang nyaman dengan berayun-ayun di bawah pohon yang rindang. Sejuk sekali. Pemandangan di kejauhan juga indah sekali.

Gunakan imajinasimu dan rasakan sensasinya.

4. Gunakan metode tidur cepat ala militer

Singkatnya, tips tidur ala militer; yaitu mengatur pernafasan, melemaskan otot-otot, dan mengosongkan pikiran. Simple, namun tidak se-simple itu. Diperlukan latihan kalau mau berhasil mempraktekkannya.

Kesimpulan

Renungi apa yang menjadi pikiranmu. Introspeksi hal itu. Jika perlu, tulis itu semua di catatan khusus. Tidak sempat? Ganti saja pikiran itu dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Tidak bisa berimajinasi? mungkin metode terakhir—tidur cepat ala tentara—bisa membantumu.

Sekian yang bisa saya bagikan. Semoga beberapa cara ampuh mengosongkan pikiran sebelum tidur di atas ini bisa bermanfaat ya.

Post a Comment for "Cara Mengosongkan Pikiran agar Bisa Lebih Cepat Tertidur"