Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Bad Mood Seketika Secara Praktis

Cara menghilangkan bad mood
Di keseharian kita sering kali mendengar kata 'bad mood', entah itu datangnya dari teman, saudara, pacar, atau bahkan, kita sendiri? Tanpa diundang, bad mood ini sewaktu-waktu bisa mendatangi siapa saja. Tak terkecuali ke kamu kan. Yang awalnya biasa-biasa saja, nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba jadi bad mood. Kenapa sebenarnya?

"Ada asap, berarti ada api." Nggak akan ada akibat, kalau nggak ada sebab. Pasti ada suatu hal yang membuat bad mood ini datang menghampiri.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan suasana hati secara mendadak.

Contohnya bisa saja karena:

  • sedang lapar,
  • kelelahan fisik,
  • banyak pikiran,
  • merasa bersalah,
  • ada masalah sepele yang menyebalkan.
Dan masih banyak faktor lain yang membuat kita jadi bad mood, tapi penyebab di atas bisa jadi sumber utama.

Nah, kalau kamu sekarang lagi bad mood—daripada dirundung bad mood berkepanjangan, ya kan, mending terapkan cara menghilangkan bad mood di bawah ini deh, mungkin langkah sederhana di bawah ini bisa membantu mengatasi bad mood kamu seketika?

Pertama-tama, ketahui dulu apa yang membuatmu jadi bad mood

Seperti yang sudah kita bahas tadi di awal, banyak penyebab yang membuat kita jadi bad mood kan. Nah, coba tanya sama diri kamu sendiri dulu, seperti; "aku bad mood karena apa ya?"

Dengan menanyakan hal seperti ini ke diri kamu sendiri, kamu jadi lebih mudah mengatasi bad mood kamu.
Tapi gimana kalau aku nggak tau kenapa aku jadi bad mood?
Maksudnya bad mood tanpa alasan? Tenang, kalau begitu, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana di bawah ini untuk meredakannya.

Berikut di bawah ini cara menghilangkan bad mood kamu secara praktis:

1. Dengarkan musik sambil makan cokelat atau es krim

Sebuah studi dari Journal of Positive Psychology, meneliti bahwa orang yang mendengarkan musik dan makan makanan favorit dapat meningkatkan suasana hati mereka.

Nah, kamu bisa memberikan waktu untuk dirimu sendiri melakukan hal ini.

Belilah cokelat atau es krim yang kamu sukai. Lalu cari tempat yang menurutmu suasananya nyaman. Pasang headset dan dengarkan lagu yang kamu suka sambil makan cokelat atau es krim yang sudah kamu beli tadi.

Bayangin aja dulu, gimana rasanya?
Trust me, these will help and make you feel better.

2. Lakukan sesuatu yang membuatmu senang

Tonton video lucu di Youtube atau Instagram—suatu video yang bisa membuatmu ketawa lepas, atau minimal nyengir deh.

Atau kalau kamu punya hobi, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobimu itu. Misalnya saja saya sendiri, dengan bermain gitar.

Dengan melakukan hal apapun yang membuatmu senang, bad mood kamu akan mereda dengan sendirinya.

3. Tidur atau beristirahat

Tidur terbukti ampuh meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Mungkin saja kamu bad mood karena lagi capek atau kurang tidur(?)

Oleh karenanya, tidurlah, beristirahatlah sejenak dari lelahnya aktivitas seharian.

Pulihkan kembali energi yang hilang dengan beristirahat. Jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Beri dirimu waktu untuk beristirahat ya.
Intinya, Love yourself, ok!

4. Hangout bersama teman dekat

Mungkin saja rasa suntuk yang kamu alami saat ini (lah) yang menyebabkan kamu jadi bad mood?

Kamu bisa mengatasi ke-suntuk-an kamu ini dengan cara hangout bersama teman dekatmu.

Ajaklah temanmu keluar. Menghirup udara segar sambil menikmati suasana luar bersamanya akan membuat kalian lupa sama pikiran-pikiran buntu.

Selain itu, kamu juga bisa curhat dan saling sharing tentang permasalahan-permasalahan yang sedang melanda hidup kalian kan.

Nah, dengan begini, kamu akan menjadi lebih lega karena kamu bisa menceritakan segala sesuatu yang mengganjal hatimu—kepada orang yang mau mendengarkanmu dan membuatmu merasa didengarkan.

5. Bantu orang lain

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.
Pernah dengar kalimat ini kan? Meskipun saat ini kamu lagi dirundung bad mood, pun nggak ada salahnya buat kamu membantu sesama. Mengapa? Karena membantu orang lain juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati.

Coba deh, tolong orang lain di sekitarmu yang sekiranya membutuhkan bantuan. Tanpa pamrih, dan rasakan bagaimana sensasinya.

6. Sabar dan kontrol emosi

Masalah-masalah sepele yang menyebalkan, merupakan salah satu faktor yang paling sering membuat seseorang jadi bad mood.

Nah, mungkin saja kamu jadi gampang bad mood karena terlalu emosi dengan hal-hal kecil?

Coba mulai saat ini kamu buat dirimu jadi lebih sabar di segala keadaan. Kontrol emosimu dan syukuri apapun yang sudah menjadi ketetapanNya.

Segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupanmu tuh sudah ada yang mengatur, jadi kamu nggak perlu risau mempermasalahkan hal-hal ini itu lagi.

Lebih baik, berikan sugesti positif kepada diri sendiri, sugesti yang bisa membuatmu jadi merasa lebih baik.

7. Miliki mindset positif di awal hari

Pagi hari adalah momen krusial penentu dan menjadi dasar kamu menjalani hari. Jika saja kamu bisa mengawalinya dengan benar, tentu kamu jadi tidak mudah bad mood di hari itu juga.

Oleh karenanya, penting agar kamu memiliki mindset positif sedari awal—sebelum kamu menjalani rutinitas harian kamu.

Berikan afirmasi positif untuk diri sendiri. Tidak perlu yang terlalu rumit. Sederhana saja, seperti:
Hari ini, aku memilih untuk menjalani hari-hariku dengan hati yang senang dan lebih bahagia. Aku mensyukuri setiap nikmat yang Tuhan berikan kepadaku. Salah satunya dapat memberikanku hidup hingga saat ini.
Baca lebih lanjut: cara mensugesti diri sendiri agar kamu selalu berpikir positif.

Simple kan? Dengan begini, tentu saja hari-harimu akan menjadi terasa lebih indah dari biasanya. Buktikan.

Penutup

Begitulah ke-tujuh cara menghilangkan bad mood yang bisa saya bagikan. Kamu bisa menerapkan salah satunya saja yang menurut kamu cocok, atau kalau mampu, bisa ke-semuanya sekaligus, karena semua tips di atas sudah pernah saya terapkan sebelumnya dan terbukti berhasil memperbaiki mood yang buruk.

Semoga setelah kamu menerapkan tips mengatasi bad mood pada artikel ini, kamu jadi lebih ceria dan juga lebih bahagia dari sebelumnya ya!

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Bad Mood Seketika Secara Praktis"