Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Tanpa Melihat

Cara mengetik dengan cepat
Bagi kebanyakan anak muda, terutama para pelajar dan mahasiswa, kegiatan ketik mengetik bukanlah suatu hal yang baru. Misalnya saja, ketika sedang mengerjakan tugas dengan menggunakan laptop atau PC. Mereka pasti berhadapan dengan keyboard untuk mengetik.

Dalam mengetik, biasanya mereka hanya menggunakan jari-jari yang sering mereka pakai saja. Bisa dikatakan mereka menggunakan 11 jari.
Loh kok bisa? Kan tangan cuman ada 10 jari.
Iya, tangan kiri satu telunjuk, tangan kanan satu telunjuk. Kalo digabungin kan pas, jadi 11 jari. (Apa sih wkwk)
Bukannya mau meledek, tapi yang jelas, sebenarnya dalam dunia mengetik, itu ada ilmunya. Kita bisa menggunakan kesemua jari kita untuk melakukan pengetikan. Tujuannya, supaya kita bisa mengetik lebih cepat dan tentunya juga lebih efisien.
Sepertinya menarik, gimana tuh caranya?
Kalau kamu benar-benar ingin bisa mengetik 10 jari, langsung saja ikuti panduan belajar dan latihan berikut di bawah ini.

1. Download aplikasi

Aplikasi yang saya rekomendasikan yaitu, aplikasi Typing Master. Dari sanalah, saya pertama kali belajar mengetik cepat 10 jari. Kamu bisa download melalui webnya: typingmaster.com
Note: yang kamu download adalah versi gratisnya. Kalau mau yang full version, kamu perlu membeli license key dari aplikasi tersebut.
Kalau sudah kamu download, langsung saja install aplikasi tersebut di PC atau laptop kamu. Di aplikasi tersebut kamu bisa belajar dari nol sampai jadi mahir mengetik 10 jari.

Belajarnya mulai dari tahap intro atau pengenalan, peletakan posisi jari-jari, kecepatan, akurasi dalam mengetik, dan masih banyak yang lainnya.

Contohnya seperti ini:

Cara mengetik dengan cepat
via keepo.me
Gambar sudah menjelaskan semuanya dan pastinya kamu sudah paham kan? Sekarang nggak perlu kebanyakan teori, langsung saja coba praktekkan. Ketik kalimat di bawah ini dengan menggunakan kesepuluh jarimu.
  • the quick browns fox jump over the lazy dog
  • blowzy red vixens fight for a quick jump
  • The quick browns fox jump over the lazy dog
  • Blowzy red vixens fight for a quick jump
  • THE QUICK BROWNS FOX JUMP OVER THE LAZY DOG
  • BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP
  • The Quick Browns Fox Jump Over The Lazy Dog
  • Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump
  • tHE qUICK bROWNS fOX jUMp oVER tHE lAZY dOG
  • bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP
Gimana, terasa susah ya? Tenang, nggak perlu khawatir. Itulah gunanya kamu perlu mempelajari skill baru yang sangat berguna ini melalui aplikasi Typing Master.

Nantinya, kalau kamu sudah mahir, mengetik kalimat di atas secara cepat, tepat, dan akurat tidak akan terasa sulit lagi.

2. Belajar sebentar tapi sering

Dalam mempelajari ilmu baru—hal ini mengetik cepat—tidak perlu lama-lama. Yang penting bisa konsisten. Belajar sebentar saja, tapi sering.

Dengan begitu, kamu bakalan terbiasa dengan aktivitas baru yang kamu lakukan. Perlahan namun pasti, dan jangan lupa, nikmati segala prosesnya juga ya!

3. Fundamental

Kali ini jika kamu sudah mulai terbiasa dengan skill baru yang kamu miliki, mulailah mengetik dengan menggunakan 10 jari di segala situasi. Saat kamu mengerjakan tugas misalnya.

Latihlah jari-jemari kamu untuk mengetik sesuai dengan apa yang telah kamu pelajari. Sampai pada tahap di mana kamu bisa mengetik 10 jari dengan cepat, tepat, akurat, dan tanpa melihat. Selamat, itu tandanya kamu sudah berhasil dalam mempelajari skill ini!

4. Tantang dirimu

Kalau kamu menyukai tantangan, sambil belajar, cobain deh, main game fast typing yang banyak bertebaran di internet. Ketik di google: fast typing games, atau bisa langsung melalui web: 10fastfingers.com.

Sudah cobain? Gimana hasilnya? Seberapa cepat kamu ngetik pakai 10 jari? Apa bisa sampai lebih dari 100 wpm (words per minute)? Berapapun hasilnya. Coba tulis di kolom komentar, saya ingin tau nih.

Penutup

Skill ini sangat penting dimiliki oleh para kawula muda di era modern. Mengingat, mereka seringkali dihadapkan dengan aktivitas yang berhubungan dengan ketik mengetik. Jadi sayang banget kalau nggak belajar mulai dari sekarang kan.

Mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam mempelajari skill ini, itu tergantung kamu sendiri. Tapi kalau kamu benar-benar niat ingin segera mahir, mungkin waktu yang dibutuhkan hanya sebentar saja.

Yang jelas, it's worth the effort. Skill ini pasti akan berguna sampai kamu tua nanti. Percaya deh. Sampai sekarang, saya sendiri sudah merasakan banyak manfaatnya. Buktikan.

Sekian yang bisa saya bagikan. Semoga panduan belajar dan latihan: cara mengetik 10 jari dengan cepat ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Tanpa Melihat"