Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengasah Otak Kiri agar Ingatan Kamu Lebih Tajam

Cara mengasah otak kiri
Otak kiri merupakan salah satu bagian dari otak besar manusia yang biasa digunakan untuk berpikir dalam beberapa hal yang berkaitan dengan;
  • logika,
  • rasio,
  • kemampuan menulis, 
  • membaca,
  • berhitung, 
  • dan berbahasa.
Dari pengertian ini tentunya kita sudah mengetahui bahwa cara kerja dan spesialisasi kemampuan otak kiri dan otak kanan jelas berbeda.

Jadi biar pembahasannya nggak terlalu melebar, pada artikel ini Salnyoret akan fokuskan untuk membahas mengenai otak kiri saja.

Baca juga: cara mengasah otak kanan supaya kamu lebih kreatif.

Pernah nggak kamu merasa seperti ini:
Kenapa ya aku sering kali lupa naruh suatu benda, padahal barusan aku taruh benda tersebut di suatu tempat, tapi kok udah lupa aja sih?
Itu bisa jadi pertanda bahwa kamu kurang mengasah otak kiri kamu.

Oleh karena itu, kalau kamu ingin tau caranya supaya ingatan kamu jadi lebih tajam dan nggak gampang lupa, ada baiknya kamu baca cara mengasah otak kiri di bawah ini. Langsung saja kita simak bersama.

1. Mempelajari bahasa asing

Mengapa perlu mempelajari bahasa asing? Tujuannya ada banyak, tapi yang jelas supaya kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari sana.

Selain agar otak kiri kamu jadi makin terasah, kamu juga jadi semakin lihai ngomong bahasa asing yang sudah kamu kuasai guys!

Maka dari itu, pelajari bahasa asing apa saja yang menjadi minat kamu, bahasa Inggris misalnya.

Kamu bisa mempelajari bahasa asing apa saja dari aplikasi ini:
  • Duolingo
  • Memrise
  • Busuu
  • Babbel
  • Mondly
Dapatkan kesemua aplikasi tersebut melalui aplikasi Play Store, tinggal install di HP kamu dan langsung saja belajar bahasa asing dari sana untuk melatih kemampuan otak kiri kamu dalam berbahasa.

2. Memahami kata asing yang baru pertama kali kamu dengar

Tips kedua ini merupakan lanjutan dari tips yang pertama, yaitu dengan memanfaatkan kamus sebagai jalan kamu untuk mempelajari kata asing yang baru pertama kali kamu dengar, sehingga nantinya kamu bisa menggunakan kata baru tersebut untuk berkomunikasi secara luwes.

Selain itu, dengan mempunyai banyak perbendaharaan kosa-kata, kamu akan jadi lebih ber-intelek, yang artinya, kamu mampu menyampaikan pemikiran kamu dengan kata-kata yang sesuai dan lebih mudah dipahami.

Baca juga: cara memperbanyak kosa-kata kamu.

Kamu bisa menggunakan beragam kamus untuk mempelajari kata baru, seperti:
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
  • Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
  • Tesaurus
  • Kamus Bahasa Inggris
  • dll.
Tentu saja kamusnya yang sesuai sama bahasa dari kata yang kamu pelajari. Dengan melakukan hal ini, otak kiri kamu akan terlatih secara ekstensif.

3. Membiasakan menghitung dengan tidak memakai kalkulator

Kemampuan otak kiri yang terasah adalah ketika kamu mampu menghitung dengan cepat dan tepat tanpa menggunakan alat bantu, seperti kalkulator misalnya.

Nah, mungkin saja saat ini kamu terlalu mengandalkan kalkulator untuk berhitung? Hal ini nggak salah, tapi ada baiknya kamu biasakan diri untuk menghitung dengan mandiri. Mengapa? Agar kemampuan menghitung kamu bisa terlatih.

Ada berbagai cara agar kamu dapat menghitung suatu hitungan dengan cepat, salah satunya dengan menggunakan rumus matematika.

Pelajarilah rumus-rumus matematika yang sudah ada dan latih kemampuan berhitung kamu demi meningkatkan daya proses berlogika dan bernalar secara rasional.

4. Bermain catur

Bermain catur merupakan salah satu aktivitas yang asik untuk melatih otak kiri kamu lho guys! Permainan catur menuntut kamu untuk dapat menganalisa dan menyusun strategi yang ampuh dalam memperoleh kemenangan dari lawan.

Mungkin para wanita menganggap kalau permainan catur identik dengan permainannya para lelaki. Iya benar, tapi bukan berarti cuma para lelaki saja yang bisa bermain catur, para wanita pun juga bisa.

Jika kamu nggak tau cara mainnya, minta ajari gimana cara main catur yang baik dan benar, bisa dari teman kamu, saudara kamu, atau dari video yang ada di Youtube. Gampang kok. Pasti kamu langsung bisa.

Nggak punya alatnya? Pilihannya ada dua, beli di toko sport, atau download di Play Store dan mainkan di HP kamu.

5. Bermain puzzle

Selain catur, ada lagi permainan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengasah otak kiri kamu, yaitu dengan bermain puzzle.

Puzzle merupakan permainan yang menantang kamu untuk menyusun sebuah gambar yang terpisah, dari bagian-bagian kecil menjadi satu bagian gambar yang bisa dilihat.

Kapan terakhir kali kamu main puzzle? Pasti sudah lama kan? Nah, mending cobain permainan yang satu ini lagi deh.

Kalau nggak punya, untuk yang fisik—kamu bisa membelinya di toko mainan, pasti ada, atau kalau nggak mau repot tinggal download saja di aplikasi Play Store.

6. Mengisi teka-teki silang

Siapa yang nggak pernah mengisi teka-teki silang? Kamu pasti pernah kan, walaupun jarang.

Mungkin kedengarannya aktivitas ini sepele. Tapi jangan salah. Teka-teki silang juga merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak kiri kamu. Biasanya yang sering baca koran pasti sering menemukan teka-teki silang.
Tapi masa iya harus baca koran dulu dan mencari-cari mana teka-teki silangnya?
Tenang, sekarang sudah jamannya teknologi kan? Lagi-lagi, cari di Play Store. Download, install, tinggal main deh.

7. Menulis

Siapa sangka kalau menulis juga merupakan salah satu aktivitas paten dalam mengasah otak kiri?

Yap, dengan menulis, otak kiri kamu akan terlatih untuk menggunakan kemampuan berbahasa dan mengolah kata menjadi suatu kalimat, paragraf, sampai menjadi bacaan panjang.

Nggak perlu jadi penulis dulu untuk mulai menulis, kamu bisa langsung mulai menulis dengan cara yang cukup simple sampai dengan yang agak ribet, seperti:
  • Update status (yang berfaedah) menggunakan kata-katamu sendiri di medsos.
  • Menulis di diary atau jurnal untuk diri sendiri.
  • Membuat blog dan sharing tentang apa saja yang bermanfaat.
  • Dan lain-lain.
Nah, menulislah mulai dari hal-hal kecil seperti di atas untuk mengasah otak kiri kamu ya.

8. Membiasakan rapi dan disiplin

Mungkin kedengarannya cukup sepele, tapi sebaiknya hal ini jangan diabaikan. Mengapa? Penting sekali membiasakan rapi dan disiplin dalam segala hal, karena hal ini ada kaitannya sama otak kiri kamu.

Membiasakan rapi dan disiplin ini tentu saja akan membuat otak kiri kamu terlatih sehingga kamu jadi nggak gampang teledor sama hal-hal kecil yang membuat kamu gampang lupa.

Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
  • Rapikan apa saja yang sekiranya berantakan.
  • Biasakan taruh barang sesuai tempatnya.
  • Bereskan barang setelah dipakai.
  • Dan lain-lain.
Dengan disiplin membiasakan hal-hal seperti di atas, tentunya hal ini akan membuat hidup kamu menjadi lebih terorganisir. Makanya, biasakan rapi dan disiplin mulai dari sekarang ya.

9. Mempelajari hal-hal yang tidak biasa kamu perhatikan

Dalam meningkatkan kemampuan berlogika dan bernalar secara analitis, kamu perlu mempelajari hal-hal baru yang biasanya nggak kamu perhatikan. Hal ini ada hubungannya dengan memori. Karena semakin sering kamu mempelajari hal baru, maka memori atau daya ingat kamu juga semakin terasah.

Oleh karena itu, pelajarilah hal-hal yang nggak biasa kamu perhatikan, misalnya seperti; membaca berita, mempelajari budaya asing, mengetahui cara melatih intuisi, atau yang lain.

10. Membaca

Dengan membaca, kemampuan berbahasa kamu akan meningkat secara drastis, karena secara nggak langsung kamu akan dituntut untuk memahami;
  • tata bahasa yang baik dan benar,
  • kosakata baru yang pertama kali ditemui,
  • pengolahan kata yang tepat,
  • dan lain-lain.
Sehingga hal ini bisa membuat saraf-saraf otak kiri bekerja lebih aktif dan berkembang secara ekspansif.

Oleh karenanya, luangkanlah waktu untuk membaca apapun yang bermanfaat setidaknya 10 sampai 20 menit dalam sehari ya.
Begitulah ke-10 cara mengasah otak kiri kamu. Dari kesekian banyak tips di atas, mana yang menjadi favoritmu? Terapkan hal ini agar kemampuan otak kiri kamu dapat menjadi lebih maksimal lagi ya! Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengasah Otak Kiri agar Ingatan Kamu Lebih Tajam"