Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengasah Otak Kanan agar Kamu Lebih Kreatif

Cara mengasah otak kanan
Otak merupakan salah satu bagian organ paling penting yang ada di tubuh manusia. Otak manusia terbagi menjadi 2 bagian, yaitu otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan.

Masing-masing bagian otak manusia memiliki fungsi, peranan, dan spesialisasi kemampuan-kemampuan tertentu dalam proses berpikir.

Namun di artikel ini, Salnyoret akan mengajak kamu buat bahas tentang otak kanan saja supaya tema pembahasan kita nggak melebar terlalu jauh.

Baca juga: cara mengasah otak kiri supaya ingatan kamu jadi lebih tajam.

Otak kanan merupakan bagian paling baik untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan kreativitas dan sesuatu yang ekspresif.
Apa sih fungsi dan peranan otak kanan itu?

Fungsi otak kanan (digunakan untuk);

  • berpikir secara kreatif,
  • berpikir secara bebas,
  • melihat secara gambaran besar,
  • lebih intuitif,
  • lebih cenderung memvisualisasikan sesuatu ketimbang berpikir dengan kata-kata.
Masih ada banyak lagi fungsi dan cara kerja otak kanan sebagai proses berpikir tertentu, namun kelima hal di atas sudah mewakili.
Lalu gimana sih cara memaksimalkan otak kanan supaya kita dapat menjadi lebih kreatif?
Di bawah ini Salnyoret telah merangkum berbagai cara mengasah otak kanan supaya kamu dapat menjadi lebih kreatif secara maksimal. Yuk langsung saja kita simak.

1. Bermain alat musik

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan otak kanan kamu dalam berpikir kreatif yakni dengan bermain alat musik. Alat musik apapun, seperti gitar, piano, drum, atau yang lain, merupakan hal yang patut buat kamu coba.

Kembangkan dirimu dengan melakukan hobi baru dalam hal seni, yakni bermain alat musik apa saja yang kamu suka dan senangi.

Selain itu, mendengarkan musik dapat menjadi salah satu alternatif lain.

Dengan mendengarkan musik bergenre apapun yang kamu sukai, apakah itu Pop, Rock, Jazz, atau genre musik yang lain, tentunya saraf-saraf otak kanan kamu akan terstimulus menjadi bekerja lebih aktif dan berkembang, sehingga hal ini dapat meningkatkan sisi kreativitas kamu.

2. Bermain game

Tips kedua yakni dengan bermain game. Siapa sangka kalau aktivitas seru ini merupakan salah satu cara ampuh dalam meningkatkan sisi kreativitas kamu?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Iowa State University mengungkapkan bahwa bermain game dalam kondisi tertentu dapat meningkatkan kreativitas. Namun yang perlu diingat, nggak sembarang game bisa.

Ini beberapa permainan mengasah otak kanan yang bisa kamu coba:
  • Piano Tiles 2
  • Brain Dots
  • Color Switch
  • Don't Tap The White Tile
  • Dancing Line
Banyak sekali bukan? Nah, kamu bisa mendapatkan game mengasah otak kanan tersebut secara gratis melalui aplikasi Play Store. Ketikkan nama game di atas pada kolom pencarian di Play Store, dan kalau sudah ketemu, langsung saja install dan mainkan game tersebut di HP kamu.

3. Menggambar

Meski kedengarannya cukup sepele, namun jangan salah. Aktivitas menggambar merupakan cara praktis yang terbukti ampuh dapat meningkatkan daya kreativitas kamu.

Hal ini bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Cukup dengan menyiapkan alat menggambar seperti; kertas putih dan pensil warna, kamu sudah bisa menggambar apa saja yang menjadi minat kamu.

Atau mungkin kamu bisa memanfaatkan PC atau laptop yang kamu punya. Software seperti; Photoshop dan Corel Draw bisa kamu jadikan sarana alternatif untuk menggambar sesuatu yang kreatif!

Jadi intinya, asah daya kreativitas kamu dengan cara menggambar apapun—di media apapun—sesuai dengan 'imajinasi' kamu ya!

4. Berimajinasi

Tips keempat ini merupakan lanjutan dari tips ketiga, yakni mengasah otak kanan dengan cara berimajinasi.

Mungkin kamu menganggap bahwa berimajinasi itu sama saja dengan melamun? Ada benarnya, namun nggak sepenuhnya benar. Berimajinasi dengan melamun adalah dua hal yang berbeda. Bedanya apa? Coba kamu baca masing-masing definisinya dari Brainly biar lebih paham.

Nah, gimana kalau kamu nggak punya banyak waktu luang buat menggambar? Tenang, terdapat alternatif lainnya yang lebih gampang, bisa dilakukan kapanpun dan di manapun kamu mau, yaitu cukup hanya dengan berimajinasi saja lho! Kamu bisa membayangkan sesuatu yang nggak logis dan nggak nalar di dalam otak kamu, sekalipun itu liar guys!

Namun ada yang perlu digarisbawahi di sini, liar dalam artian 'bebas' mengimajinasikan suatu hal apapun, akan tetapi harus tetap yang positif ya!

Misalnya seperti; terbang ke angkasa mengelilingi dunia, mengejar dan melawan monster jahat yang akan menguasai dunia ini, atau melompat-lompat dari gedung ke gedung yang sangat tinggi seperti layaknya seorang Spiderman!

Sudah dapat gambaran kan? Imajinasikan hal apa saja sesuai yang kamu inginkan.

5. Membaca buku fiksi

Kalau kamu belum pernah membaca buku fiksi sebelumnya, mungkin kamu akan merasa malas. Tapi tunggu dulu deh. Membaca buku fiksi nyatanya terbukti ampuh dapat membuat seseorang menjadi berpikir lebih kreatif lho!

Hal ini dikarenakan, jalan cerita yang ada di buku fiksi—merangsang otak kanan kamu untuk mengimajinasikan suatu kejadian atau cerita yang kamu baca, sehingga nantinya cerita tersebut membuat kamu mengandai-andai atau menghayal, "oh jadi seperti ini", "oh jadi seperti itu."

Dan nggak hanya dari buku fiksi, media lain seperti; novel, komik, atau cerpen, juga bisa. Cukup menarik kan? Coba kamu buktikan sendiri.

6. Bercerita

Dengan bercerita, kamu bisa mengasah otak kanan sambil meningkatkan kemampuan telling story kamu secara sekaligus! Tentu hal ini dibarengi dengan latihan yang kontinu, artinya secara berkelanjutan.

Nah, kamu bisa menceritakan suatu 'cerita' yang imajinatif kepada siapa saja. Misalnya ke; teman kamu, adik kamu, anak kecil, atau ke siapa saja yang penting mereka mau mendengarkan.

Kalau kamu sering membaca buku fiksi atau media lain yang sudah saya sebutkan di poin ke-lima, tentu saja 'bercerita' menjadi hal yang sangat mudah buat kamu lakukan. Maka dari itu, kombinasikan tips kelima dengan tips keenam ini ya!

7. Berolahraga

Tips ketujuh yaitu dengan cara berolahraga. Bagaimana aktivitas olahraga dapat mengasah otak kanan? Hal ini karena berolahraga merupakan aktivitas fisik yang melibatkan gerak tubuh secara berulang-ulang, sehingga hal ini dapat menstimulus saraf-saraf otak kanan bekerja menjadi lebih aktif dan optimal.

Maka dari itu, kamu bisa meluangkan waktu di hari weekend untuk menambahkan agenda berolahraga.

Nggak harus yang monoton seperti jogging atau senam, kamu bisa melakukan aktivitas olahraga lain yang lebih menyenangkan. Contohnya seperti; bermain basket, bermain sepak bola, atau apa saja yang menjadi hobi kamu—yang penting kamu senang melakukannya.

8. Belajar melipat origami

Pernah melipat-lipat kertas origami? Pasti jawaban kamu, pernah, tapi sudah lama nggak melakukannya, ya kan? Nah, belajar melipat origami juga dapat melatih otak kanan kamu lho! Hal ini karena melipat origami membutuhkan keterampilan motorik, kreativitas, serta inovasi.

Kalau saat ini kamu sudah lama nggak pernah ber-origami ria, kamu bisa mulai mempelajari lagi—gimana caranya melipat kertas supaya menjadi suatu karya yang unik, karena dengan melipat kertas menjadi berbagai macam bentuk, otak kanan kamu akan terasah secara ekstensif.

9. Menggunakan tangan yang jarang digunakan

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan salah satu tangan saja, seperti tangan kanan misalnya. Nah, mulai saat ini, kamu harus bisa menggantinya dengan menggunakan tangan kiri untuk melakukan hal apa saja.

Misalnya saat;
  • memegang gayung mandi,
  • sikat gigi,
  • menulis,
  • tanda-tangan,
  • dll.
Jadi, kalau kamu mau mengasah otak kanan kamu agar menjadi lebih kreatif, biasakan hal-hal yang nggak biasa, misalnya dengan cara sederhana yang seperti ini ya!

10. Bermeditasi

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan cara bermeditasi. Meditasi selama 10 sampai 15 menit dalam sehari juga terbukti ampuh dapat meningkatkan daya otak kamu menjadi lebih optimal lho!

Dengan mengoptimalkan daya otak, tentu saja hal ini dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks, lebih tenang, dan lebih santai dalam menjalani hidup, sehingga hal ini dapat memunculkan daya kreativitas tingkat tinggi yang belum pernah terfikirkan olehmu sebelumnya!
Nah, itu dia ke-10 cara mengasah otak kanan kamu supaya dapat bekerja lebih kreatif dan maksimal! Cukup banyak bukan? Kira-kira mana yang menjadi favoritmu?

Selanjutnya, kamu bisa melakukan hal-hal di atas kapan saja ketika kamu punya waktu luang. Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengasah Otak Kanan agar Kamu Lebih Kreatif"