Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajar Les di Rumah dan Langkah Awal Memulainya

Cara mengajar les di rumah
Sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan uang saku—menjadi guru les privat di rumah merupakan salah satu pilihan tepat bagi para anak muda yang mungkin masih berstatus pelajar atau mahasiswa.

Alasannya karena pekerjaan ini tidak memakan waktu yang cukup lama (waktu lebih fleksibel) dan juga tidak terlalu menguras banyak tenaga, karena hanya mengajar beberapa anak saja, sekitar satu sampai paling banyak lima anak (bisa lebih) dalam kurun waktu yang sebentar (1 sampai 2 jam), mereka sudah bisa mengantongi uang yang cukup lumayan.

Namun meski begitu, menjadi guru les privat harus siap mengemban tanggung jawab yang besar. Pasalnya karena ia dituntut untuk dapat memberikan perhatian yang lebih pada murid yang diajarkannya. Salah satu contohnya yakni harus memberikan metode belajar yang tepat dan dapat mengajari materi sekolah yang kurang dipahami oleh si murid dengan baik.

Oleh karena itu, kalau kamu ingin menjadi guru les privat yang profesional, ada baiknya kamu perlu mengetahui hal-hal tentang cara mengajar les di rumah—berdasarkan pengalaman pribadi—seperti berikut di bawah ini.
Note: Di sini saya tidak hanya membagikan metode mengajarnya saja, tapi juga akan memberikan tips langkah awal memulai membuka jasa les privat di rumah. (Supaya lebih lengkap)

#Tahap awal - Persiapan sebelum membuka bimbingan belajar di rumah

1. Ajak partner untuk bekerja sama membuat jasa bimbingan belajar (bimbel). Tawarkan kerja sama kepada siapa saja, bisa dengan teman dekat, teman sekolah, atau teman kampus. Jika mau sendiri juga bisa.

2. Tentukan kamu ingin membuka les privat apa. Bisa didiskusikan dengan partner kerja kamu, yang jelas, setidaknya kamu sudah menguasai mata pelajarannya.

3. Tentukan biaya bimbel. Umumnya per pertemuan kamu bisa memasang tarif sekitar: 
  • 30-35 ribu /anak untuk SD
  • 35-45 ribu /anak untuk SMP
  • 45-50 ribu /anak untuk SMA
Tarif itu bisa kamu jadikan acuan, namun tidak pakem, bisa saja lebih atau kurang dari itu, intinya semakin tinggi jenjang semakin mahal pula tarifnya.

4. Tentukan gaji partner. Lakukan negosiasi dengan partner kerja kamu, biasanya gaji untuk satu tentor kisarannya sekitar 30 s/d 50 ribu per pertemuan.

5. Siapkan peralatan belajar mengajar. Kali ini kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli:
  • meja belajar,
  • papan tulis,
  • spidol,
  • penghapus,
  • media belajar,
  • buku khusus,
  • dan lain lain.
Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Tidak harus baru, jika budget minim, kamu bisa menggunakan peralatan seadanya saja.

6. Siapkan tempat/ruangan khusus untuk kegiatan belajar mengajar. Pastikan ruangannya nyaman dan terdapat fasilitas seperti kipas angin dan karpet.

7. Buat kartu SPP. Kartu ini nantinya akan digunakan untuk mempermudah orang tua murid melunasi pembayaran bimbel selama satu bulan.

8. Promosikan jasa. Buat brosur untuk mempromosikan bahwa kamu membuka bimbingan belajar. Bagikan ke tetangga, saudara, dan ke siapa saja yang memungkinkan, yang dekat dengan lokasi rumah. Pastikan brosurnya menarik dan informasinya lengkap sehingga calon murid tertarik untuk mendaftar.

#Tahap kedua - Teknis setelah mendapatkan murid les privat

1. Berkonsultasi dengan orang tua murid

Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar dengan murid, ada baiknya kamu menanyakan hal-hal teknis tentang murid kepada orang tua terlebih dahulu.

Seperti kapan murid akan melaksanakan ujian dan kelemahan murid ada di materi apa. Ini penting agar nantinya kamu lebih mengetahui apa yang harus diajarkan kepada si murid.

2. Perdalam ilmu pengetahuan mata pelajaran yang kamu ajarkan

Ini adalah hal wajib yang harus kamu lakukan, agar kamu dapat selalu memberikan ilmu baru kepada murid-muridmu nanti.

Belilah buku-buku referensi yang sesuai dengan mata pelajaran yang kamu ajarkan, kamu bisa menemukannya di toko buku seperti Gramedia contohnya. Lalu pelajari sampai kamu benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan kamu ajarkan kepada si murid.

3. Bagi tugas dengan rekan kerja kamu

Berikan porsi tugas masing-masing antara kamu dengan rekan kerjamu supaya nantinya ketika mengajar, kalian tidak keteteran.

#Tahap terakhir - Tips efektif mengajar les di rumah

1. Berkenalan dengan murid

Saat awal pertama kali bertemu dengan murid baru, melakukan perkenalan sangat penting. Kamu harus mengetahui data diri si murid.

Selain agar kamu dengan si murid jadi lebih akrab, nantinya proses belajar mengajar jadi lebih nyaman.

2. Awali dengan berdoa sebelum memulai pelajaran

Biasakan hal ini sedari awal, agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih barokah.

3. Tanyakan ke murid akan belajar apa

Bisa dimulai dengan menanyakan ke murid seperti ini: 
  • Apakah ada PR?
  • Apa ada materi yang belum kamu pahami saat sekolah tadi?
  • Apa materi buat besok?
Urutkan mulai dari mengerjakan PR, jika tidak ada lanjut ke materi kemarin, lalu materi untuk besok.

4. Sebut namanya

Sebut nama si murid sesering mungkin. Hal ini agar si murid merasa diperhatikan dan dihargai. 

5. Beri jeda waktu istirahat

Setiap selesai materi, kamu bisa memberikan murid waktu untuk beristirahat sebentar, agar si murid tidak merasa jenuh dan siap menerima materi selanjutnya.

6. Berikan games

Agar proses belajar mengajar tidak membosankan, kamu bisa memberikan sedikit variasi metode belajar yang berbeda, yang lebih menyenangkan, yaitu dengan memberikan games yang mengedukasi si murid. Seperti tebak kata, belajar dengan menggunakan flash card, perkalian namun dengan metode yang seru, dan lain lain.

7. Gunakan media belajar

Terkadang murid akan sulit memahami materi jika cara belajarnya monoton. Hal ini bisa kamu atasi dengan menggunakan media belajar yang kreatif, sehingga si murid dapat dengan mudah mempelajari materi secara visual dan motorik.

8. Beri reward

Mengapa? Agar si murid merasa termotivasi dan semangat untuk terus belajar. Kamu bisa memberikan reward apa saja bila si murid berprestasi dan mendapatkan nilai ujian yang bagus. Tidak perlu mahal namun tetap berkesan.

9. Beri punishment

Tidak bisa kita pungkiri bahwa tidak semua murid itu sifatnya penurut, terkadang ada juga yang nakal kan, seperti rame terus ketika sedang belajar. 

Nah untuk mengatasi ini, kamu perlu memberikan punishment kepada si murid. Misalnya dengan memberitahukan ke murid yang nakal bahwa; ia akan mendapatkan sanksi tidak mendapatkan reward dan akan mengadukan hal tersebut kepada orang tuanya bila masih saja nakal.

Selain itu kamu juga bisa membagi jarak agak berjauhan antar tentor yang mengajar dan berikan pengertian kalau ia bisa main (rame) lagi setelah selesai belajar.

10. Lakukan refleksi

Sebelum mengakhiri bimbingan belajar, kamu bisa memberikan refleksi tentang materi yang sudah kamu ajarkan kepada si murid. Bisa dengan menanyakan apa saja yang dia peroleh setelah selesai belajar, lalu kamu bisa memberikannya kesimpulan.

Penutup

Sebagai informasi tambahan, menjadi guru les privat tentu kita harus dapat bersikap adil pada semua murid, kita juga perlu mengajar dengan sepenuh hati dan dengan senang hati. Hal ini agar kita mengajarnya tidak merasa terbebani sehingga ilmu yang kita berikan dapat bermanfaat untuk mereka.

Sekian artikel tentang cara mengajar les di rumah secara efektif yang bisa saya bagikan. Semoga dapat membantu.

Post a Comment for "Cara Mengajar Les di Rumah dan Langkah Awal Memulainya"