Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan untuk Anak TK

Mengajar Calistung untuk anak TK
Membaca, menulis, dan berhitung atau bisa disingkat dengan Calistung adalah suatu kegiatan baru bagi anak untuk dapat mulai belajar mengenal huruf dan angka. Idealnya, kegiatan ini bisa dikenalkan saat anak sudah mencapai usia 5-6 tahun sekolah TK (Taman Kanak-kanak).

Namun ada sebagian orang beranggapan kalau mengajari baca tulis hitung pada anak-anak yang usianya terbilang masih terlalu dini akan membuatnya stres karena tertekan. Benar hal ini bisa saja terjadi, jika dan hanya jika metode pembelajarannya tidak tepat.

Memberikan pembelajaran Calistung untuk anak TK haruslah dengan cara yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga anak memiliki semangat dan berkeinginan untuk mau belajar.

Lalu, bagaimana cara mengajar calistung yang menyenangkan untuk anak TK? Simak tips nya berikut di bawah ini.

1. Adakan kegiatan bermain namun tetap edukatif

Pernah dengar istilah belajar sambil bermain? Di usia yang masih dini, tentu anak-anak masih suka bermain bukan? Kita bisa mengombinasikan keduanya, dengan mengajak si anak untuk mengikuti permainan yang edukatif.

Bisa dengan cara memberikan permainan menyusun puzzle yang berpola abjad atau angka. Jika memungkinkan, hadirkan juga orang tua anak untuk membantu si anak menyelesaikan puzzle.

Selain itu kita juga bisa memberikan buku bergambar yang isinya terdapat gambar, simbol, dan logo. Hal ini agar si anak dapat mengenali bentuk dan pola baru yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Metode ini akan membuat si anak memiliki ketertarikan dalam membaca.

2. Ajak anak untuk menyanyikan sebuah lagu

Melalui lagu, kita dapat memperkenalkan abjad kepada anak. Ajak si anak untuk menyanyikan sebuah lagu, seperti lagu ABCD atau lagu anak lain yang bisa dinyanyikan dengan mudah.

Hal ini merupakan tahapan awal yang tepat sebelum mereka mulai belajar membaca.

3. Perkenalkan alat tulis lalu ajak anak mengikuti pola garis putus

Sebelum anak mulai diperkenalkan tentang menulis, ia perlu diperkenalkan dengan alat-alat tulis terlebih dahulu, dan kita perlu mengajarinya bagaimana cara memegang alat tulis dengan benar. Seperti memegang pensil, membolak-balikkan buku, dan lain-lain.

Setelah itu kita bisa mulai mengajarkannya bagaimana cara menulis, namun tetap dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan mengajaknya menirukan pola garis putus-putus. Dengan begitu lambat laun keterampilan motorik si anak akan berkembang dengan baik.

4. Pasang poster abjad dan angka di ruangan

Selain mengajarkan hal-hal Calistung secara langsung, kita bisa memasang poster bergambar abjad dan angka di suatu ruangan belajar, ruangan bermain, atau di rumah. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat si anak menjadi terbiasa melihat bagaimana pola suatu abjad dan angka terbentuk.

5. Berikan kebebasan

Poin nomor 5 ini wajib untuk kita ikuti. Mengapa? Memberikan kebebasan pada anak sejak usia masih dini merupakan hal yang penting, karena pada usia ini anak masih berada di masa emasnya dan sifatnya yang memang masih suka bermain.

Oleh karena itu, penting untuk kita dapat memberikan kepada mereka metode pembelajaran yang menyenangkan, namun tetap edukatif.

6. Pahami karakter dan suasana hati anak

Kita tidak bisa terlalu memaksakan anak untuk harus terus belajar membaca, menulis, dan menghitung. Pasalnya, karena kemampuan anak yang berbeda-beda.

Ingatlah bahwa anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka masih memiliki karakter dan suasana hati yang berubah-ubah. Sehingga kita harus memahami mereka dengan baik.

7. Berikan durasi belajar

Pada umumnya di usia ini anak tidak dapat berkonsentrasi terlalu lama pada satu hal, sehingga kita perlu memberikannya jeda waktu agar mereka dapat beristirahat dan melakukan hal lainnya terlebih dahulu.

Berikan waktu selama 10 sampai dengan 15 menit supaya mereka tidak bosan karena terlalu lama belajar.

8. Berikan apresiasi

Anak akan selalu senang dengan segala bentuk pujian. Maka dari itu, sesekali berikan pujian kepada mereka atas pencapaiannya selama proses belajar.

Selain agar anak merasa termotivasi karena mendapatkan pujian, mereka juga akan berusaha lebih keras untuk belajar lagi tentang hal lain.

Penutup

Demikian beberapa cara mengajar calistung yang menyenangkan untuk anak TK. Semoga dapat membantu Anda dalam memberikan pembelajaran kepada si anak tentang membaca, menulis, dan berhitung.

Sebagai informasi tambahan, hal terpenting dalam menggunakan metode ini adalah, berikan perhatian penuh kepada mereka, ajarkan hal baru dengan hati yang senang, sehingga ilmu yang Anda berikan pun dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan untuk Anak TK"