Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog Kamu

Cara mendapatkan ide menulis artikel untuk blog kamu
Blog yang hidup adalah blog yang selalu ada update postingan terbaru. Tapi gimana kalau mau update postingan baru saja nggak tau apa yang mesti ditulis.

Sudah mencoba berbagai macam cara untuk mendapatkan ide menulis, namun tetap saja nggak membuahkan hasil, padahal blog sudah harus diisi konten baru biar ada penyegaran.
Ah buntu!
Pernah merasa seperti itu? Kalau iya, tenang, di bawah ini Salnyoret telah merangkum banyak banget sumber inspirasi yang bisa kamu baca supaya kamu bisa dapat ide nulis artikel baru buat blog kamu! Yuk langsung saja disimak!

1. Temukan ide dari membaca artikel lain

Tips pertama ini terbilang cukup ampuh dalam mendapatkan ide menulis artikel baru, yaitu dengan membaca artikel-artikel lain yang sudah banyak bertebaran di internet. Selanjutnya kamu bisa menulis artikel baru dengan menggunakan metode KTP.
Apa itu metode KTP?

Metode KTP:

  • Kumpulkan konten-konten terbaik.
  • Tingkatkan materinya.
  • Promosikan ke orang yang tepat.
Metode ini saya dapatkan dari artikelnya mas Darmawan dalam sebuah webnya, PanduanIM. Bisa dibilang metode ini mirip seperti metode ATM; yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Nah, metode ini bisa kamu coba praktekkan untuk mengatasi kebuntuan kamu dalam memulai menulis artikel baru yang lebih berkualitas.

2. Temukan ide dari pengalaman sendiri

Setiap orang pasti punya pengalaman. Tak terkecuali kamu kan. Coba kamu pikir-pikir sejenak, di dalam hidup kamu ini kira-kira kamu punya pengalaman apa?

Ceritakan apa saja pengalaman kamu ke dalam tulisan, lalu bagikan itu ke dalam blog kamu supaya para pembaca setia blog kamu juga bisa merasakan manfaat dari pengalaman kamu.

3. Temukan ide dari bidang keilmuan kamu

Di poin ketiga ini, saya ingin bertanya ke kamu. Apa kamu punya keahlian khusus dalam suatu bidang keilmuan? Misalnya seperti; menggambar teknik, instalasi permesinan, atau mungkin desain interior. Kalau punya, hal ini bisa kamu jadikan ide menulis artikel baru.

Bagikan hal tersebut kepada para pembaca blog kamu sehingga mereka bisa belajar banyak dari kamu.

Dengan menulis artikel berdasarkan bidang keahlian yang sudah kamu kuasai, bukan nggak mungkin kamu akan mendapatkan pembaca setia dengan mudah. Mengapa? Karena orang bakalan mudah percaya sama apa yang kamu bagikan, yaitu artikel yang kredibel dari seorang ahlinya.

4. Temukan ide dari masalah yang kamu alami

Saat kamu menemukan sebuah masalah di kehidupan kamu, misalnya saja seperti saat kamu bingung bagaimana cara membuat kalimat pembuka artikel yang menarik dan disukai pembaca, sudah seharusnya kamu bisa menemukan ide menulis dari sana.

Karena apa? Karena dari masalah yang timbul, justru kamu bisa memanfaatkan permasalahan itu sebagai jalan—supaya kamu dapat menulis artikel baru.

Temukan solusi atas permasalahan kamu dari artikel-artikel lain, lalu gunakan tips yang pertama—yang sudah kamu baca di atas tadi.

Sambil belajar, kamu juga bisa membagikan artikel baru yang membahas tentang solusi dari permasalahan kamu kan.

5. Temukan ide dari hobi kamu

Kalau kamu punya suatu hobi, kamu bisa memanfaatkan hobimu ini menjadi sebuah ide dalam menulis artikel baru di blog kamu.

Menulis tentang hobi merupakan kombinasi yang sempurna, karena kamu bisa menulis tentang sesuatu yang kamu sukai secara sekaligus!

Pastinya hal ini sangat mudah bagi kamu—menjelaskan tentang sesuatu yang sudah kamu pahami dan ketahui, karena kamu memang hobi dalam hal itu. Jadi apa hobimu? Temukan ide dari sana.

6. Temukan ide dari kejadian yang ada di sekitar

Kamu bisa mendapatkan ide menulis dari suatu kejadian yang kamu temui di sekitar kamu. Jadi yang perlu kamu lakukan hanya dua, cukup aware dan amati setiap kejadian yang ada di lingkungan sekitar kamu sekecil apapun itu.

Kira-kira apakah ada hikmah dari sebuah kejadian tersebut? Tuangkan hal itu ke dalam tulisan dan publish ke dalam blog kamu.

Hal ini tentunya sangat berguna bagi siapa saja yang membaca, karena mereka dapat mengambil suatu hikmah dari kejadian yang telah kamu bagikan.

7. Temukan ide dari trending topic

Berita yang lagi viral, hot news, dan trending topic saat ini juga bisa kamu jadikan ide dalam menulis artikel baru lho!

Di lain sisi, kamu juga bakalan mendapatkan pengunjung baru dengan mudah, karena ada banyak orang yang kepo sama berita yang lagi hangat-hangatnya.

Coba cari tau kira-kira apa yang lagi menjadi trending topic saat ini? Kalau sudah nemu, bahas hal tersebut ke dalam blog kamu, dan jangan kaget kalau nanti blog-mu kebanjiran pengunjung yang kepo ya!

8. Temukan ide dari isi hati kamu

Kalau kamu lagi punya suatu uneg-uneg di hati, kamu bisa mencurahkan uneg-uneg itu menjadi suatu tulisan dan kamu bisa bagikan hal tersebut ke dalam blog kamu.

Namun yang perlu diingat, jangan hanya sekedar membagikan uneg-uneg atau curhatan belaka, tapi juga harus ada 'sesuatu' yang bisa pembaca ambil dari situ, yaitu sebuah pelajaran dan hikmah yang bermanfaat.

Ibaratnya sama saja seperti sambil menyelam minum air kan? Kamu jadi merasa lega karena sudah bisa mencurahkan isi hati kamu, sekaligus bisa membagikan suatu hal yang bermanfaat bagi para pembaca setia blog kamu.

9. Temukan ide dari menjawab pertanyaan yang masuk

Ketika blog kamu sudah kebanjiran cukup banyak pengunjung dan mereka aktif memberikan komentar, biasanya ada juga yang memberikan sebuah pertanyaan. Nah, hal ini bisa kamu jadikan sebuah acuan menulis artikel baru sekaligus menjawab pertanyaan dari pembaca.

Jangan lupa, pastikan juga kalau jawaban yang kamu berikan di dalam artikel (yang akan kamu buat) itu benar-benar solutif, artinya yang bisa memecahkan masalah.

10. Temukan ide dari alat penjelajah kata kunci

Untuk memudahkanmu menemukan ide menulis artikel baru, kamu bisa menggunakan keyword tools, alias alat penjelajah kata kunci.

Ini berbagai tools yang bisa kamu gunakan:
  • Google Keyword Planner
  • Ubersuggest
  • Wordstream
  • Keyword Eye
  • Keyword Revealer
  • Keyword Tool
Cara menggunakannya cukup mudah, namun apabila kamu masih belum paham gimana cara menggunakannya, kamu bisa mencari panduannya dari artikel lain yang membahas tentang cara menggunakan tools tersebut.

Hal itu saya serahkan kepada para ahli SEO saja—biar mereka yang menjelaskan, karena tentunya mereka lebih menguasai ketimbang saya pribadi.

11. Temukan ide dari membaca buku atau media lain

Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting bagi para penulis, karena dengan membaca, para penulis bisa mendapatkan ide dari sana.

Nah, mungkin saja kamu kesulitan menemukan ide untuk menulis artikel baru karena kamu kurang banyak membaca?

Jadi mulai sekarang, kalau kamu ingin mendapatkan ide baru dengan mudah, kamu perlu membiasakan diri untuk memperbanyak membaca, bisa dari buku atau media lain seperti;
  • koran,
  • majalah,
  • novel,
  • cerpen,
  • berita,
  • dll.
Dengan membaca, sudah barang tentu kamu akan menemukan banyak inspirasi baru yang nggak kamu duga-duga sebelumnya.

12. Temukan ide dari berdiskusi

Mencari sumber inspirasi nggak semata-mata kita temukan hanya dari internet saja, kita juga bisa menemukan ide menulis dari berdiskusi dengan orang lain.

Mungkin saja saat kamu sedang membahas suatu topik obrolan menarik bersama teman kamu, tiba-tiba kamu mendapatkan ide dari sana? Lumayan kan?

Nah, ketika kamu mendapatkan sebuah ide baru dari hasil berdiskusi, langsung saja catat ide tersebut di HP kamu biar nggak lupa.

Jadi ketika nanti kamu mau nulis artikel baru dan membutuhkan sebuah inspirasi, kamu tinggal buka saja catatan ide yang sudah kamu rangkum sebelumnya.

13. Temukan ide dari pengalaman orang lain

Selain dari pengalaman sendiri, kamu juga bisa menemukan ide menulis dari pengalaman orang lain.

Kamu bisa belajar banyak dari pengalaman orang lain tentang suatu hal (apa saja), lalu kamu rangkum pengalaman orang tersebut menjadi sebuah tulisan, dan bagikan hal tersebut ke dalam blog kamu, supaya para pembaca setia blog kamu juga turut mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dari membaca tulisan—tentang pengalamannya orang lain.
Sharing is caring, right?
Itulah ke-13 cara mendapatkan ide menulis artikel untuk blog kamu! Cukup banyak bukan? Sebenarnya sumber inspirasi itu bisa datang dari mana saja dan kapan saja, asalkan kita mau mengusahakan dalam menemukannya.

Dan setelah baca artikel ini, pastinya kamu sudah menemukan banyak ide buat mulai nulis artikel baru dong? Sudah nggak usah banyak berpikir, langsung saja update postingan baru di blog kamu sekarang juga! Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog Kamu"