Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Pola Hidup Sehat agar Kamu Lebih Bahagia

Cara memulai pola hidup sehat
Dalam menjalani kehidupan ini, kita bisa memilih gaya hidup sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, apakah dengan memiliki kebebasan dalam menentukan gaya hidup ini membuat kita jadi seenaknya sendiri?

Seperti tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, sering begadang, dan malas melakukan aktivitas fisik—yang tidak lain dan tidak bukan adalah memiliki pola hidup tidak sehat.
Alah, mumpung masih muda.
Eits, tunggu dulu. Penting untuk kamu ketahui kalau penyakit tidak mengenal umur. Mungkin saat ini kamu tidak merasakan apa-apa, namun dalam jangka panjang, tentu hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, jika kamu sayang sama kesehatanmu, ada baiknya kamu baca tips cara memulai pola hidup sehat di bawah ini, supaya kamu jadi lebih sehat dan juga bahagia.

1. Atur jadwal aktivitas harian

Pagi hari sebelum memulai aktivitas, penting untukmu mengatur jadwal rutinitas harian supaya pola hidupmu lebih teratur.

Manfaatkan handphone mu untuk membuat to-do-list aktivitas apa saja yang ingin kamu lakukan dalam sehari. Seperti menjadwalkan jam sarapan, makan siang, makan sore, jam tidur, dan jam berapa kamu ingin bangun.

2. Jaga pola makan

Mulai dari sekarang bijaklah dalam memilih makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Batasi mengkonsumsi junk food, makanan instan, minuman bersoda, pokoknya apapun yang tidak sehat.

Kamu bisa ganti dengan makanan dan minuman yang mempunyai gizi seimbang, yang mencakup serat, protein, karbohidrat, dan lemak baik.

Hal ini penting karena apa yang kita konsumsi akan memengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Dalam sehari kita juga perlu membiasakan untuk makan teratur sesuai jadwal. Umumnya 3 kali sehari; yaitu makan pagi, siang, dan sore.

3. Berolahraga sebentar

Biasanya yang masih suka mager-mageran di rumah, akan sulit melakukan tips ketiga ini, benar begitu? Namun jika kamu benar-benar ingin menerapkan pola hidup sehat, kamu kudu sempatkan waktu untuk berolahraga. Tidak usah lama-lama, sebentar saja yang penting rutin.

Mengingat manfaat berolahraga ada banyak, salah satunya adalah untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Hal ini akan membuatmu jadi lebih prima dan fit dalam melakukan aktivitas lain. Selain itu juga dapat membuat kualitas tidurmu jadi lebih baik.

4. Rajin minum air putih

Para pakar kesehatan sering memberikan anjuran agar kita minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap hari.

Penting untuk kita ikuti anjuran tersebut. Selain agar tubuh kita tetap terhidrasi, kita juga akan jadi lebih fokus dalam menjalani aktivitas kita.

5. Jaga kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari diri kita sendiri seperti mandi 2 kali sehari dan lingkungan sekitar kita seperti membuang sampah pada tempatnya.

Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tentu saja kita akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Jaga pola tidur

Sebisa mungkin hindari begadang. Kenapa? Karena terdapat dampak negatif dari begadang, yakni memberikan kelelahan bagi tubuh dan pikiran. Efek lanjutannya adalah hal ini bisa mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah serta konsentrasi.

Oleh karena itu, agar terhindar dari dampak negatif tersebut, buatlah pola tidur baru, yang lebih baik untuk kesehatan. Seperti mengatur jam tidur yang konsisten dan jam berapa kamu ingin terbangun. 

Umumnya, tubuh memerlukan waktu tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Anggap kamu ingin terbangun jam 5 pagi, maka jam tidurmu adalah jam 9 malam. Jadi kuncinya, disiplin dalam mengikuti jam tidur dan jam untukmu terbangun setiap harinya.
Nah, itu dia ke-6 cara memulai pola hidup sehat. Gimana? Tidak begitu sulit kan? Mulai dari sekarang yuk terapkan keenam tips tersebut agar kamu jadi lebih sehat dan bahagia. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memulai Pola Hidup Sehat agar Kamu Lebih Bahagia"