Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Pikiran Orang Lain dengan Mudah

Cara baca pikiran orang lain
Pernahkah kamu berpikir tentang bagaimana cara membaca pikiran orang? Apa kita bisa baca pikiran orang hanya dengan melihatnya sekilas, lalu kita bisa tau semua apa yang dia pikirkan?

Jawabannya: bisa banget. Nggak harus punya mata batin atau menjadi seorang cenayang terlebih dahulu agar kita bisa baca pikiran orang lain. Kita dapat mempelajari cara membaca pikiran orang lain dengan mudah berdasarkan ilmu psikologi.

Umumnya, ilmu ini dipakai oleh para professional psychologist dalam mengetahui apa yang sedang dipikirkan kliennya, sehingga lebih memudahkan para psychologist menganalisa masalah-masalahnya si klien tersebut.

Jadi kalau ada yang mengira bahwa kemampuan membaca pikiran orang lain itu adalah ilmu gaib, itu salah besar! Nggak ada sangkut-pautnya dengan perkara mistis sama sekali.

Ilmu ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Nah, kalau kamu mau mempelajari ilmu ini, langsung saja baca cara baca pikiran orang lain di bawah ini ya!

1. Rasakan emosi orang tersebut

Pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah merasakan emosi dia. Perhatikan bagaimana dia menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang kamu lontarkan kepadanya.

Kamu bisa melontarkan beberapa pertanyaan ke dia tentang sesuatu yang mendalam namun tetap direct (secara langsung).

Seperti ini misalnya:
Kenapa kamu makan ... tadi?

Jangan menanyakan pertanyaan bias seperti ini:

Makan apa tadi?

Kamu bisa menggunakan jenis pertanyaan yang pertama dan hindari jenis pertanyaan kedua, karena jika kamu memakai jenis pertanyaan yang kedua, kamu hanya akan mendapatkan jawaban singkat dari dia. Oleh karena itu, ajukan pertanyaan ke dia hanya seperti pada pertanyaan yang pertama saja.

Nah, jawaban yang dia berikan itu bisa kamu jadikan acuan untuk mengetahui gambaran emosinya saat ini. Dari emosinya, kamu bisa menganalisa apa yang sedang dia pikirkan. Apakah dia sedang kesal, bingung, nggak fokus, atau sedang kepikiran tentang sesuatu, kamu bisa menilainya sendiri.
For your information: Penilaian kamu bakalan lebih akurat kalau kamu sudah kenal lama sama dia.

2. Perhatikan gerakan mata orang tersebut

Tips kedua ini bisa dibilang penyempurna dari cara pertama, yaitu agar kamu jadi lebih yakin sama penilaian kamu.

Kamu pasti sudah tau kan kalau mata nggak akan pernah bisa membohongi? Yap, kamu bisa membaca pikiran dia hanya dengan cara melihat arah gerakan matanya.

Menurut pakar psikologi, bola mata seseorang bergerak sesuai dengan apa yang sedang dia pikirkan.

Ini beragam arti dari gerakan bola mata melihat ke suatu arah tertentu (sudut pandang melihat dari kamu):
  • Bola mata melihat ke atas: menunjukkan kalau dia lagi merasa bosan dan ingin segera menghentikan percakapan.
  • Bola mata melihat ke bawah: menunjukkan kalau dia patuh sama apa yang kamu katakan, atau bisa jadi dia merasa bosan sama topik obrolan.
  • Bola mata melihat ke kiri atas: menunjukkan kalau dia lagi mengingat suatu kejadian yang pernah dia alami secara visual.
  • Bola mata melihat ke kiri tengah: menunjukkan kalau dia lagi mengingat suatu percakapan yang pernah didengar secara auditori.
  • Bola mata melihat ke kiri bawah: menunjukkan kalau dia lagi mengingat segala bentuk pembicaraan yang pernah didengar atau dilihat secara nyata dan jelas.
  • Bola mata melihat ke kanan atas: menunjukkan kalau dia lagi berimajinasi terhadap hal baru yang belum pernah dia lihat secara nyata.
  • Bola mata melihat ke kanan tengah: menunjukkan kalau dia lagi berkhayal suatu suara baru yang belum pernah dia dengar.
  • Bola mata melihat ke kanan bawah: menunjukkan kalau dia lagi mengingat perasaan yang dia alami, baik itu perasaan gembira, sedih, bangga, marah, dan perasaan lainnya.
Banyak banget ya? Tenang, kamu nggak perlu mengingat-ingat itu semua, cukup pahami arti gerak mata yang menurut kamu paling penting saja. Tapi kalau kamu bisa ingat itu semua, maka itu lebih baik, karena dengan memahami semua arti dari gerak-gerik bola mata seseorang, kamu bakalan jadi lebih yakin sama penilaian kamu.
FYI: Kalau bola matanya melihat ke arah kanan atas, itu mengindikasikan bahwa dia lagi nggak ngomong jujur sama kamu.

3. Dengarkan nada bicara orang tersebut

Untuk tips ketiga ini kamu bisa membaca pikiran dia dengan cara mendengarkan nada bicara atau intonasi suaranya. Cuma dua hal yang perlu kamu lakukan, cukup diam dan dengarkan intonasi suaranya saat dia sedang berbicara.

Kalau dia berbicara dengan volume bicara yang cepat namun suaranya perlahan-lahan menjadi pelan, itu menunjukkan bahwa dia sedang mengatakan sesuatu yang penting dari dirinya.

Dan apabila suaranya semakin melambat, itu menunjukkan bahwa dia ingin agar kamu mendengarkan perkataannya dengan baik.

Atau mungkin dia banyak bergumam di sela-sela dia berbicara, seperti "hmm..." atau "ehh..." itu menunjukkan bahwa dia sedang merasa gugup, plin plan, atau bahkan nggak ngomong jujur sama kamu.

4. Perhatikan cara tertawa atau cara tersenyum orang tersebut

Kamu juga bisa mengetahui apa yang sedang dia pikirkan dengan memperhatikan cara tertawa atau cara tersenyumnya.

Kalau kamu sama dia lagi bahas suatu obrolan yang menurut kamu lucu, tapi dia nggak ketawa atau cuma ketawa kecil saja, itu tandanya dia lagi memendam suatu hal.

Atau justru dia gampang ketawa sama hal-hal kecil, itu menandakan bahwa dia lagi menyembunyikan sesuatu yang orang lain nggak bisa tau.

Kamu juga bisa menilai apakah senyuman atau tertawanya itu tulus atau enggak yaitu dari raut wajahnya.

5. Perhatikan ekspresi wajah orang tersebut

Nah, tips kelima ini lebih untuk memastikan apakah senyuman atau tertawanya itu murni, alias tulus atau tidak. Kalau senyuman atau ketawanya benar-benar tulus, maka dia akan menunjukkan ekspresi wajah yang seperti ini;
  • pupil mata yang membesar,
  • ada garis kerutan di sudut mata,
  • mimik wajahnya simetris,
  • mengedipkan mata dengan ritme,
  • dan bibirnya tampak sedikit terbuka.
Hal simple lain yang bisa kamu perhatikan:

Kalau ekspresi wajahnya terlihat cerah, itu menunjukkan bahwa dia lagi bahagia. Pun sebaliknya, kalau ekspresi wajahnya terlihat kusam dan murung, itu menunjukkan bahwa dia lagi bersedih.

Pasti sudah paham kan?

6. Perhatikan respon orang tersebut

Tips keenam ini merupakan pelengkap dari tips pertama, yaitu dengan cara memperhatikan respon dari si dia.

Saat kamu lagi ngobrol sama dia dan dia lambat merespon obrolan, itu tandanya dia kurang tertarik, malas, dan nggak serius sama topik obrolan itu.

Berbeda halnya ketika dia cepat tanggap merespon topik yang sedang dibicarakan, itu menandakan bahwa dia sangat antusias dan tertarik sama topik obrolan itu.

7. Perhatikan cara berjalan orang tersebut

Tips terakhir untuk membaca pikiran orang yaitu dengan memperhatikan cara dia berjalan. Saat kamu sama dia lagi jalan-jalan, kamu bisa memperhatikan cara berjalannya. Apakah cara berjalannya terlihat santai dan tegap, ataukah berjalan perlahan sambil menundukkan kepala?

Kalau cara berjalannya dia terlihat tenang, tegap, dan mengayunkan kaki dengan pasti, itu menandakan bahwa dia lagi 'pede' (percaya diri) sama dirinya sendiri.

Tapi kalau cara berjalannya dia mengayunkan kaki dengan lambat dan kepalanya nunduk, itu berarti dia sedang merasa galau dan lagi kepikiran sama suatu masalah yang membuatnya terbebani. Coba kamu tanyakan ke dia apa lagi ada masalah?
Begitulah ke-7 cara baca pikiran orang yang bisa kamu pelajari dengan mudah! Perlu diingat bahwa ilmu ini nggak sepenuhnya seratus persen benar, karena ilmu ini bukan merupakan ilmu pasti. Masih ada banyak bahan pertimbangan lain agar kamu dapat benar-benar mengetahui pikiran orang lain.

Namun setidaknya dari ketujuh cara tersebut, saya harap sudah bisa menambah wawasan kamu dalam membaca pikiran orang lain ya! Sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membaca Pikiran Orang Lain dengan Mudah"