Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Kecanduan Bermain Game dengan Mudah

Bermain game merupakan salah satu alternatif yang asyik untuk menghabiskan waktu luang. Namun bagaimana jika bermain game sudah jadi candu alias nggak bisa hidup tanpa bermain game?

Kamu hobi bermain game kan? Pasti tau dong yang namanya PUBG? Mobile Legends? Seru banget kan game nya. Saya sendiri pun juga pernah memainkannya, dulu, iya dulu.

K: Kamu.
S: Saya.

K: Berarti sekarang enggak main lagi dong?

S: Iya, untuk sekarang, saya sudah berhenti.

K: Kenapa berhenti?

S: Panjang kalau diceritakan.

K: Gimana caranya bisa berhenti bang? Aku pingin banget berhenti tapi susah soalnya udah kecanduan!

S: Mau tau? Kalau gitu, siapin waktu bentar buat nyimak tulisan di bawah ini supaya kamu bisa berhenti dari kecanduan bermain game ya!

Cara menghentikan kecanduan bermain game
Memiliki hobi bermain game itu sebenarnya nggak masalah, selama kamu tau waktu. Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah ketika bermain game sudah membuatmu jadi selalu lupa waktu. 

Siap siap, akan ada banyak dampak buruk yang bakalan menimpamu jika kamu sudah kelewat batas main game nya. Salah satu dampak buruknya adalah, otot-otot syarafmu akan terganggu. Akibatnya apa? Yang kamu pikirkan hanya game, game, dan game.

Aktivitas lain yang harus kamu lakukan seperti belajar, mengerjakan tugas sekolah, beribadah, dan yang lainnya jadi terlewatkan. Percaya nggak percaya, dalam jangka panjang, hal ini akan sangat berpengaruh buruk di masa depanmu.
Bukannya nakutin, tapi ga mau kan kamu menyesali ini semua nanti? 
Mumpung belum terlambat, kalau memang kamu nggak ingin menyesali semua ini nantinya, ada baiknya kamu simak penjelasan di bawah tentang cara menghentikan kecanduan bermain game. Begini caranya:

1. Batasi jam bermain game

Sebelum bermain game, usahakan untuk selalu memberi batasan waktu terlebih dahulu, berapa lama kamu ingin main game.

Bagusnya, main sebentar selama 30 menit saja, atau kalau mau lebih, maksimal 2 jam saja sudah cukup. Jangan sampai berlebihan. Jika waktunya sudah habis, segera berhenti dan tinggalkan aktivitasmu bermain game.

Hal ini mungkin akan susah di awal, namun mau bagaimanapun juga harus tetap kamu paksakan dan biasakan jika kamu ingin menghentikan kecanduan bermain game.

2. Buat prinsip kalau main game itu hanya sebatas hobi, bukan pekerjaan

Tujuan dalam bermain game adalah untuk mendapatkan kesenangan, bukan untuk menjadikan aktivitas ini menjadi sebuah pekerjaan yang bisa berjam-jam kamu lakukan.

Jadi mulai sekarang, selalu tanamkan ke dalam dirimu kalau main game hanyalah sekedar hobi yang bisa kamu lakukan ketika ada waktu senggang saja, tidak untuk dilakukan setiap waktu.

Percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan menyadari kalau bermain game adalah aktivitas yang hanya membuang-buang waktu. Sayang sekali waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat malah justru kamu buang begitu saja.
Lalu gimana dengan yang bisa menghasilkan uang banyak dari bermain game? Aku juga pingin seperti itu.
Jadi begini, yang saya tau, mereka bermain game karena mereka memang benar-benar niat untuk terjun dalam menjadi professional player. Buat kita-kita ini yang 'padahal' sudah berjam-jam bermain game tapi selalu saja kalah, mendingan buang jauh-jauh deh keinginan yang kurang realistis itu.
Bukan ingin menjatuhkan mimpimu, namun ini semua demi kebaikan dirimu sendiri.

3. Sibukkan diri melakukan hal bermanfaat

Daripada bermain game, mending kamu cari hobi lain yang lebih bermanfaat, yaitu hobi yang bisa membuatmu berkembang di masa depan. Bisa dengan menulis, belajar bahasa inggris, membaca buku tentang pengembangan diri, atau yang lainnya.

Kalau kamu punya hobi yang seperti ini, bukan tidak mungkin kamu akan berterima kasih atas apa yang sudah menjadi pencapaianmu suatu saat nanti. Kuncinya, kamu perlu konsisten dalam menekuni hobi barumu.

4. Jika perlu, uninstall saja game itu

Mana ada?
Pasti itu kan yang terlintas dalam benakmu.

Iya, saran yang satu ini sangat mustahil buat kamu lakukan karena hasrat dalam diri ini pasti bakalan berontak. Namun, ini adalah cara terbaik agar kamu bisa benar-benar menghentikan kecanduanmu bermain game.

Mengapa? Karena dengan meng-uninstall game yang membuatmu candu dari HP mu, kamu nggak akan bisa lagi main game dan bukan tidak mungkin kamu akan lebih milih melakukan aktivitas lain. Udah, mending lakukan hobi baru yang lebih bermanfaat aja deh. Gimana? Setuju?
Begitulah beberapa cara menghentikan kecanduan kamu dalam bermain game. Tidak susah dan tidak gampang, tergantung apakah kamu benar-benar ingin menjadi lebih baik lagi ke depannya atau tidak, itu semua menjadi pilihanmu. Maka dari itu, tentukanlah mulai dari sekarang ya! Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghentikan Kecanduan Bermain Game dengan Mudah"