Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes Kepribadian: Kamu Introvert atau Ekstrovert?

"Aku ini ekstrovert atau introvert ya?" Pasti kamu pernah kan bertanya dalam hati tentang hal ini. Namun kamu masih bingung dengan jawaban apa yang paling tepat dari pertanyaan:
Apakah aku seorang introvert ataukah ekstrovert?
Kedua kepribadian ini memiliki ciri-ciri tersendiri. Masing-masing kepribadian mempunyai caranya dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan umumnya berkebalikan. Jika seorang ekstrovert cenderung lebih suka berbicara, justru seorang introvert lebih nyaman menjadi pendengar.
Mengenal dirimu lebih dalam, apakah kamu seorang introvert atau ekstrovert
Daripada bingung sebenarnya yang mana sih yang menggambarkan dirimu banget, mending langsung aja ikutin tes singkat di bawah ini.

Jawablah beberapa pertanyaan gampang di bawah ini untuk mencari tau, kamu ini lebih cenderung berkepribadian introvert ataukah ekstrovert.

1. Kamu lebih suka sendiri atau rame-rame?
    a. Lebih seru kalau suasananya rame.
    b. Lebih suka sendiri sih, soalnya hening.

2. Aktivitas mana yang membuatmu seneng?
    a. Ngobrol sama temen atau siapapun deh.
    b. Ngelamunin banyak hal.

3. Lebih milih berkomunikasi lewat tulisan atau telpon?
    a. Telpon dong pastinya.
    b. Chat aja deh.

4. Dalam situasi seperti ini, lebih enakan mana?
    a. Main di luar, have fun sama temen-temen.
    b. Mending baca buku di rumah.

5. Kamu punya temen banyak atau dikit?
    a. Banyak banget, sampe ga keitung.
    b. Sedikit sih, paling cuman 2 atau 3.

Sudah jawab semua pertanyaan di atas? Sekarang kamu hitung, lebih banyak mana antara jawaban A atau B?

Apapun jawabannya, yang jelas, ini bukanlah tentang perbandingan manakah yang lebih baik antara dua kepribadian ini. Karena setiap kepribadian pasti memiliki kelemahan dan keunggulan mereka masing-masing. So sekarang, yuk cari tau yang mana kepribadian kamu.

Jawabanmu lebih banyak A? Kamu seorang ekstrovert

Mengenal dirimu lebih dalam, apakah kamu seorang introvert atau ekstrovert
image from: alterra.id
Kamu lebih senang berinteraksi dan bersosialisasi dengan dunia luar? Maka benar saja kamu adalah seorang ekstrovert!

Kalau si introvert itu pendiam, justru si ekstrovert ini nggak bisa jika hanya 'duduk' berdiam diri di rumah melulu.

Mestinya, seorang ekstrovert lebih sering 'terlihat' di keramaian ketimbang di tempat yang sunyi. Hal ini karena mereka akan merasa berenergi ketika berada di lingkungan yang memungkinkan mereka untuk dapat berbincang-bincang atau melakukan aktivitas di luar dari dirinya. 

Mereka (termasuk kamu) yang memiliki kepribadian ekstrovert pastilah sering menjadi pusat perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan mereka yang umumnya suka heboh sendiri. Namun meski begitu, mereka juga memiliki sifat menonjol lainnya yaitu: 
  • mudah bergaul,
  • terbuka,
  • pandai mencairkan suasana,
  • percaya diri,
  • pembicara yang baik,
  • optimistik.
Dengan kelebihan yang kamu miliki ini, kamu bisa mengembangkan segala potensi yang ada pada dirimu untuk menjadi apapun yang kamu inginkan lho! Mau jadi pemimpin? Bisa. Artis? Tentu dong, yang pasti itu semua jadi pilihanmu!

Jawabanmu lebih banyak B? Kamu seorang introvert

Mengenal dirimu lebih dalam, apakah kamu seorang introvert atau ekstrovert
image from: dribbble.com
Buat kamu yang memiliki kepribadian introvert, melakukan apa-apa sendirian adalah hal yang sudah lazim. Seperti pergi ke mall sendirian, duduk di tempat sunyi, nongkrong di cafe yang tenang, dan pokoknya melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak mengundang banyak interaksi dengan orang lain itu sudah jadi makanan yang kamu lahap setiap hari.

Bukannya tanpa alasan, hal ini karena memang kamu merasa 'lebih nyaman' dengan aktivitas sendirian. Selain itu juga diperkuat dengan karaktermu yang secara default-nya adalah pendiam.

Banyak orang menganggap bahwa kamu ini orangnya 'sombong' atau lebih parah lagi 'anti-sosial', padahal, kamu tidak seperti itu. Mereka hanya salah mengartikanmu saja.

Pada dasarnya, hal ini karena hati seorang introvert yang terbilang sensitif, sehingga ini membuat mereka jadi lebih selektif dalam memilih pertemanan. Mereka lebih cenderung tertutup demi menjaga perasaan mereka dari hal-hal yang dapat menyakiti hati mereka. Itulah mengapa mereka hanya mempunyai sedikit teman yang mereka kenal baik di lingkaran sosial mereka.

Selain itu sifat yang paling menonjol dimiliki seorang introvert yaitu:
  • pengamat yang baik,
  • pendengar yang baik,
  • kreatif,
  • perfeksionis,
  • pemikir,
  • mementingkan kualitas ketimbang kuantitas.
Memiliki kepribadian introvert bukanlah suatu aib, justru kamu sangat berharga dan masih dibutuhkan oleh banyak orang. Buktinya, teman-temanmu sering curhat dan minta saran ke kamu tentang permasalahan mereka. Ini saja sudah menunjukkan kalau kamu adalah seorang penasehat yang baik!

Kesimpulannya

Setelah kamu mengetahui kalau kamu ini seorang ekstrovert atau introvert, yang jelas, kamu harus pahami bahwa artikel yang sudah kamu baca ini adalah sebagai jalan agar kamu dapat mengenal jati dirimu lebih dalam, sehingga kamu dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu. Jadi bukan untuk membanding-bandingkan ya! Sekian, semoga bermanfaat.

2 comments for "Tes Kepribadian: Kamu Introvert atau Ekstrovert?"