Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam yang Efektif

Cara Mengatasi InsomniaDi era millenial, anak muda masa kini lebih rentan mengalami gangguan tidur. Penyakit ini biasa kita kenal dengan sebutan 'insomnia.'

Banyak faktor yang dapat membuat mereka mengalami kesulitan tidur. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena sedang banyak tekanan atau stres.

Tentu saja kedua hal itu akan membuat pola tidur mereka jadi berantakan. Jika dibiarkan, permasalahan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari pengidapnya.

Kalau kamu ngalamin ini, ada baiknya simak bentar deh tips yang satu ini, siapa tau bisa membantu mengobati insomnia kamu?

1. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Sudah jadi kebiasaan anak muda kalau sebelum tidur mereka pasti memakai ponselnya hanya untuk sekedar berinteraksi di dunia maya. Entah ber-scroll ria di Instagram, update status di WA, atau nontonin video di Youtube, ya kan?

Kali ini, jika kamu ingin agar dapat segera tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang baik, usahakan 30 menit atau 1 jam sebelum tidur kamu sudah menjauhkan gadget apapun dari tempat tidur kamu.

2. Berhenti makan dan minum ketika akan tidur

Jika biasanya kamu selalu nyempatin makan dan minum sebelum tidur, mulai dari sekarang coba deh hentikan kebiasaan ini supaya kamu punya kualitas tidur yang baik.

Supaya nggak ngerasa haus dan kelaparan saat kamu mau tidur, pastikan minimal 2 jam sebelum tidur kamu sudah merasa kenyang dan terhidrasi. 

3. Rilekskan pikiran apapun ketika akan tidur

Memang, aktivitas seharian membuat pikiran kita penuh pada malam harinya, sehingga saat kita nyoba buat tidur, pasti ada saja yang tiba-tiba terpikirkan; mulai dari hal yang penting, sampai hal yang sepele pun biasanya ikut kita pikirkan. Hal inilah yang membuat kita tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Mulai saat ini, cobalah untuk mengistirahatkan pikiranmu ketika kamu akan tidur. Kosongkan pikiran, lepaskan segala beban yang ada di hidupmu untuk sejenak. Sugesti diri sendiri bahwa masalah apapun yang terlintas di pikiran tidak dapat mengusik jam tidurmu.

4. Hilangkan suara yang mengganggu

Gimana rasanya kalau kamu ingin tidur namun ada suara yang mengganggu? Pasti nggak nyaman kan? Selain membuatmu jadi kesulitan tidur, suara yang berisik dapat membuat kualitas tidurmu jadi buruk.

Maka dari itu, minimalkan suara apapun yang ada di sekitar tempat tidurmu sampai benar-benar hening supaya indra pendengaranmu tidak terganggu dan kamu dapat merilekskan tubuh dengan mudah.

5. Matikan lampu

Cahaya lampu yang terus terpancar ke organ mata dapat mempengaruhi kualitas tidur menjadi kurang baik. Jika kamu ingin bisa tidur nyenyak, matikan lampu ruangan tidurmu dan pastikan tidak ada penerangan sama sekali.

6. Mandi dengan air hangat

Tips kelima ini patut kamu cobain sebelum kamu beranjak ke tempat tidurmu. Mandi dengan air hangat dapat membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Cocok banget buat kamu coba apalagi setelah seharian beraktivitas di luar kan.

7. Minum susu hangat

Selain mandi dengan air hangat, minum susu hangat sebelum tidur juga merupakan salah satu cara ampuh agar kamu dapat tidur dengan mudah. Karena secara sisi psikologis, sensasi hangat membuat seseorang untuk dapat tertidur dengan cepat.

Juga, pilihlah susu yang full cream. Mengapa? Karena aneka rasa lain mengandung sedikit gula yang dapat berpengaruh pada kesehatan.

8. Bergerak sejenak

Mungkin saja kamu sulit tertidur karena tubuh masih belum merasakan lelah? Oleh karena itu, cobalah untuk bergerak sejenak, lakukan aktivitas fisik seperti push-up, sit-up, atau jika terasa berat, berjalan-jalanlah di sekitar rumahmu saja. Tips ini mungkin kedengarannya sepele namun sangat patut buat kamu coba.

9. Gunakan tempat tidur hanya untuk beristirahat

Banyak anak muda yang menggunakan tempat tidurnya untuk mengerjakan tugas atau melakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan beristirahat.

Hal yang seperti itu kurang baik, sebab dampaknya akan berpengaruh pada sisi psikologis kamu. Secara tidak langsung otak akan menganggap bahwa tempat tidur adalah tempat untuk beraktivitas, bukan tempat untuk beristirahat.

Hal itulah yang membuatmu jadi sulit tidur. Jadi sebaiknya, mulai saat ini hilangkan kebiasaan ini, gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan beristirahat saja.
Itulah ke-9 cara mengatasi insomnia supaya kamu dapat tidur dengan cepat dan tentunya juga nyenyak. Itu semua bisa kamu praktekkan mulai dari sekarang dan juga biasakanlah tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari agar keesokan harinya kamu dapat beraktivitas dengan fit guys! Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam yang Efektif"