Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbanyak Kosakata Bahasa Indonesia dengan Mudah

Cara memperbanyak kosakata bahasa Indonesia
Dalam mempelajari bahasa apapun, hal yang paling pertama dan fundamental untuk dipelajari adalah memperbanyak kosakata. Karena apabila kita mempunyai banyak perbendaharaan kosakata, tentu saja kita dapat menggunakan suatu bahasa dengan cakap.

Ada banyak sekali manfaat apabila kita menguasai banyak kosakata, antara lain;
  • meningkatkan daya ingat,
  • mampu berkomunikasi lebih efektif,
  • meningkatkan kecerdasan,
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jika kamu adalah native (orang asli) yang sehari-harinya sudah menggunakan Bahasa Indonesia buat ngobrol dengan orang lain, nggak ada salahnya buat terus memperbarui kosakata Bahasa Indonesia kamu demi memperoleh manfaat-manfaat seperti di atas.

Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara memperbanyak kosakata Bahasa Indonesia? Yuk langsung saja kita simak tipsnya berikut di bawah ini!

1. Mengulik Kata-kata Baru

Ketika kamu sedang beraktivitas, seperti ketika sedang membaca sesuatu, menonton TV, atau sedang berbicara dengan orang lain, kamu pasti sering menemui kata-kata baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya kan?

Kalau iya, mulai dari sekarang, langsung luangkan waktu untuk mengulik (mencari tau) apa arti dari kata itu, lalu gunakanlah kata tersebut ke dalam kalimat obrolan.

Kalau sudah bisa, pakai kata itu lagi lain kali, seperti saat kamu punya momen yang pas untuk menggunakan kata tersebut. Tujuannya agar kamu nggak lupa dengan kata baru tersebut dan bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.
Kuncinya, selalu perhatikan setiap kali muncul kata baru yang kamu dengar, lalu ulik itu.

2. Membaca Apapun

Terkadang ada orang yang sudah dari kecil tidak membiasakan dirinya untuk membaca, alasannya karena nggak suka. Hal ini sangat disayangkan mengingat membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. 

Jika kamu pun jarang membaca, maka mulai dari sekarang buatlah kebiasaan baru untuk membaca buku atau membaca tulisan apapun yang menjadi minatmu. Karena dari situ kamu bakalan banyak mendapatkan kosakata baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. 

Nggak hanya dari buku, selama terdapat tulisan, misal dari koran, majalah, artikel, atau bahkan sekedar petunjuk pemakaian suatu barang, kamu bisa membacanya untuk menemukan kata baru.

3. Manfaatkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di jaman yang sudah serba canggih ini, kamu pasti punya handphone Android kan. Nah, manfaatkan HP mu untuk menyimpan aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBII). Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Play Store.

Selain itu ada banyak alternatif aplikasi lain yang sejenis, PUEBI misalnya. Tinggal pilih, download, dan install di HP kamu, sehingga ketika kamu punya waktu senggang, kamu bisa menggunakan kamus-kamus ini untuk mempelajari kosakata baru.

Penutup

Itu dia ke-3 cara simple memperbanyak kosakata Bahasa Indonesia kamu guys! Pada dasarnya, sumber untuk menemukan kosakata baru bisa berasal dari mana saja, asalkan kamu mau mempunyai kebiasaan membaca.

Maka dari itu, banyak-banyaklah membaca, karena dengan membaca, nggak hanya kosakata baru saja yang bakalan kamu dapatkan, tapi ilmu pengetahuan baru pun pasti juga bakal kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu bakalan menjadi lebih cerdas dan lebih berintelektual! Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memperbanyak Kosakata Bahasa Indonesia dengan Mudah"