Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Efektif agar Bisa Konsisten dalam Mencapai Keinginan

Ada suatu habit (kebiasaan) yang namanya konsisten. Kebiasaan yang sangat penting untuk dimiliki para konten kreator agar dapat menuju kesuksesan.

Banyak para konten kreator yang selalu menyarankan buat punya kebiasaan ini sebagai pedoman hidup. Nggak harus konten kreator yang punya, tapi siapapun yang ada di dunia ini juga kudu musti punya. Apa kamu punya?

Sebelum lebih jauh kita mengenal kata konsisten, kita harus tau apa sih konsisten itu?
Apa itu konsisten?
Menurut hemat saya, konsisten adalah suatu hal yang kita lakukan secara terus menerus. Contohnya saya sendiri, saya memulai blog ini kalau ingin berkembang ya harus konsisten untuk menulis suatu konten-konten baru agar blog ini aktif dan terus fresh.

Walaupun kelihatannya sepele, konsistensi adalah kebiasaan yang tidak mudah untuk kita miliki. Kalaupun kita punya hal ini, pasti suatu saat ada aja godaan kita untuk nyeleweng. Sekali dua kali sih nggak masalah, karena kita pasti punya rasa bosan untuk melakukan suatu hal sekali pun itu adalah hal yang kita sukai.

Akan tetapi bagaimana jika kita nyeleweng hingga kita jadi berhenti melakukan suatu hal yang seharusnya kita konsistenin? Itu adalah momok bagi kita.
Cara efektif agar bisa konsisten dalam mencapai keinginan
Saya pribadi pernah merasakan hal itu, karena saya punya sifat bosenan juga. Dan hal itu sangat merugikan saya sendiri.

Yang harusnya saya bisa konsisten, tapi saya malah nggak konsisten. Susah memang, namun, dari situ saya bisa belajar, bahwa untuk bisa terus konsisten, kita musti punya ini:

1. Tujuan yang pasti untuk dapat dicapai

Kita musti punya goals (tujuan) untuk kita pegang terus selama kita berproses dalam hal apapun. Kalau kita nggak punya ini, gimana kita bisa konsisten, ya kan?

Jadi, tentukanlah tujuanmu terlebih dahulu dari awal, agar nantinya ketika kamu berproses, kamu bisa terus konsisten melakukan suatu hal karena selalu ingat dengan tujuan yang ingin kamu capai. 

Pastikan bahwa tujuanmu bisa dicapai, nggak harus muluk-muluk, yang penting kamu yakin sama diri sendiri bahwa tujuan yang kamu inginkan bisa tercapai.

2. Keyakinan akan diri sendiri

Ngerasa yakin dengan diri sendiri sangatlah penting untuk kita agar bisa terus konsisten dengan kegiatan-kegiatan yang bisa mendekatkan kita ke tujuan.

Bisa dimulai dengan selalu mengucapkan dengan lantang ke dirimu sendiri di depan cermin, atau bisa juga dalam hati. Misalnya, 'saya orang yang tangguh untuk dapat melakukan hal ini', 'saya yakin bahwa saya bisa melalui ini, 'saya orang yang kuat untuk dapat melalui rintangan ini'.

Mudah, namun hal simple ini diperlukan konsistensi juga.

3. Menikmati prosesnya

Kamu percaya kan kalau hasil nggak akan menghianati sebuah proses? Pasti kata-kata itu pun sering kamu dengar. Nah, menikmati sebuah proses juga nggak kalah pentingnya, mulailah dengan melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu untuk menunjang keinginan kamu melakukan hal-hal yang lebih besar lagi. 

Orang-orang sukses nggak akan bisa mencapai posisinya yang sekarang kalau saja mereka nggak menikmati sebuah proses. Bisa jadi mereka berhenti di tengah jalan karena nggak menikmati prosesnya dan mungkin mereka nggak akan kita kenal sebagai orang sukses.
Nikmatilah prosesmu, karena hal itu akan mendekatkanmu pada tujuan dan kesuksesanmu.
Dengan ketiga hal di atas, saya yakin kita pasti bisa selalu konsisten dengan hal apapun yang sedang kita perjuangkan. Bagaimana menurutmu? Punya tambahan saran? Tulis saranmu di bawah.

Post a Comment for "Cara Efektif agar Bisa Konsisten dalam Mencapai Keinginan"